Visitor

Rabu, 03 Juli 2024

Dampak Maintener Pada Website Desa

 DAMPAK MAINTENER PADA WEBSITE DESA


Website Desa merupakan sebuah aplikasi dalam bentuk web sebagai sarana penunjang Administrasi Desa dan sarana informasi serta sebagai sarana promosi pada Pemerintahan Desa. Website Desa memiliki peranan penting dalam pencapaian digitalisasi pada Pemerintahan Desa . Website Desa juga merupakan ujung tombak digitalisasi ditingkat Desa. Hal ini selaras dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa bahwa Pemerintah Desa berhak mendapatkan layanan informasi publik yang diatur oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dalam pengelolaan website desa, terdapat 4 ( empat ) unsur penting yang saling berhubungan dan keterkaitan satu sama lainnya. Kepentingan tersebut merupakan hubungan saling menguntungkan, terutama dari segi finansial. Adapun 4 ( empat ) unsur penting atau hubungan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pemerintah Desa

Pemerintah Desa merupakan salah satu unsur atau aspek dalam pengelolaan sistem informasi Desa dalam bentuk aplikasi website sebagai penerima manfaat jasa layanan Domain Dan Hosting. Salah satu tujuan dari website desa adalah sebagai pusat data Desa dan memberikan kemudahan bagi perangkat desa dalam pelayanan adminitrasi desa yang efektif dan efisien

2. Domain

Domain pada website desa mengandung pengertian alamat sebuah web dalam bentuk IP dan dapat disederhanakan serta di gunakan untuk tujuan loging ke situs website desa. Domain Desa dapat di peroleh melalui dinas Komunikasi dan informatika ( Dinas Kominfo ) pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota serta pihak ketiga sebagai penyedia jasa layanan Domain Dan Hosting Website Desa. Adapun Jenis-jenis domain antara lain:

  1. .com : merupakan Domain yang digunakan untuk kepentingan komersil.
  2. .id : merupakan Domain dentitas negara Indonesia.
  3. .net : merupakan Domain yang digunakan oleh institusi atau perusahaan yang bergerak dibidang IT.
  4. .edu : merupakan Domain yang digunakan institusi pendidikan
  5. .Gov : merupakan Domain yang digunakan institusi pemerintahan
  6. .org, .tv dan lainnya

3. Hosting

Hosting merupakan Rumah atau tempat penyimpanan data yang berasal dari situs website desa. Web hosting memilki peran kucup penting dalam sistem informasi Desa agar dapat menampung data serta online, yang dapat di akses dan diunduh kapan saja. Domain dan Hosting merupakan 2 ( dua ) unsur yang berbeda salin keterkaitan satu sama lainnya.

4. Server

Server web merupakan perangkat keras maupun perangkat lunak yang berfungsi untuk menyimpan, memproses dan mengirimkan halaman atau alamat klien melalui suatu jaringan tertentu baik dalam bentuk Hypertext Transfer Protocol (http) maupun Hypertext Transfer Protocol secure (https)

Penyedia Layanan Website Desa secara berkala akan melakukan kegiatan maintene terhadap server maupun hosting yaitu pebaikan jaringan server dan peningkatan kapasitas pada hosting. Hal tersebut yang dipicu oleh semakin banyaknya klien website desa serta peningkatan kualitas aplikasi website desa ke versi terbaru sebagai bagian dalam peningkatan pelayanan dari penyedia jasa layanan Domain Dan Hosting, kepada kliennya yaitu Pemerintah Desa sebagai penerima manfaat layanan website desa.

Maintene dapat dipicu dengan lemahnya kualitas layanan jaringan server akibat dari system jaringan atau daya tampung pada hosting yang sudah diambang batas normal sehingga perlu adanya penambahan kapasitas hosting. Tujuan maintener pada server untuk meningkatkan layanan website serta kecepatan loding dalam menyimpan, memproses dan mengirim dokumen pada situs website.

Maintener pada server maupun hosting tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan , kadang kala menimbulkan dampak baik yang bersifat positif dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dari penyedia Domain dan Hosting kepada Pemerintah Desa selaku penerima manfaat jasa layanan website. Peningkatakan mutu layanan biasanya dengan peningkatan kualitas aplikasi atau migrasi ke versi terbaru. Adapun tujauan maintener pada website desa antara lain :

  1. Peningkatan jaringan server
  2. Peningkatan kapasitas hosting
  3. Peningkatan kecepatan loding
  4. Penimgkatan kualitas aplikasi website

Dalam pelaksanaan maintener pada server tidak selalu berdampak positif , kadang kala juga menimbulkan dampak negative, hal ini disebabkan pada sistem yang gagal update pada beberapa fitur atau menu. Kegagalan dalam update pada sistem dapat menghambat pekerjaan dalam pengelolaan website desa terutama dalam pelayanan kepada masyarakat. Adapun dampak negatif dari maintener antara lain sebagai berikut :

  1. Tidak berfungsinya beberapa fitur atau menu dalam sistem aplikasi website desa
  2. Menurunya performa website
  3. Berkurangnya jumlah ststistik pengunjung 
  4. websiteTidak bisa update data maupun artikel
  5. Berimbas pada artikel yang sudah terindek di situs Google akan mudah hilang/tidak terindeks
  6. Berpengaruh pada proses indeksing artikel

Maintener merupakan kegiatan terjadwal yang dilakukan oleh penyedia layanan untuk memberikan pelayalan yang prima , baik dan berkualitas kepada klien. Maintener merupakan hal biasa dalam dunia digital atau dalam pemanfaatan situs web pada jaringan internet . Maintener dapat berdampak negatih kalau dilakukan dalam jangka yang lama atau dilakukan dalam beberapa hari, bahkan beberapa minggu.

Pada prinsipnya maintener merupakan upaya yang dilakukan penyedia layanan website desa guna meningkatkan mutu layanan dan keyamanan bagi penerima manfaat layanan website desa. 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU