Visitor

Jumat, 29 Desember 2023

Manfaat Lainnya Dari Website Desa Yang Tidak Di Sadari Orang

 

MANFAAT LAINNYA DARI WEBSITE DESA YANG TIDAK 

DISADARI ORANG



Website desa merupakan sarana bagi Pemerintah Desa dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa dan Informasi keterbukaan publik serta pelayanan public. Website desa memiliki banyak fungsi tidak hanya sebagai media informasi saja, tetapi juga dapat sebagai promosi potensi desa yang dapat diakses oleh masyarakat . Perkembangan teknologi digital menjadi tantangan bagi desa untuk menyesuaikan dan  meningkatkan sumber daya manusia agar dapat mengelola sistem digitalisasi guna  meningkatkan kinerja pemerintahan desa.

Website desa sudah menjadi suatu kebutuhan bagi suatu desa, untuk meningkatkan pelayanan, kemudahan dalam berurusan, transparansi pengelolaan anggaran baik yang bersumber dari Dana Desa maupun Dari Alokasi Dana Desa. Kemudahan masyarakat dalam mengakses media informasi desa melalui website desa dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa maupun dalam pelaksanaan pembangunan desa.

Peran masyarakat dalam berpartisifasi mengembangkan website desa sangat di perlukan terkait kritik dan saran yang membangun guna berbaikan dalam sistem pelayanan public. Keterlibatan masyarakat menunjukan kepedulian dan punya tanggung jawab untuk mengembangkan website desa sebagai sarana informasi , Pemasaran  potesi desa atau produk dari home industri sehingga dapat meningkatkan pendapatan baik bagi BumDesa maupun pelaku usaha kecil. Peningkatan pendapataan masyarakat juga berdampat terhadap kemajuan suatu desa.

Keterbukaan informasi melalui media digital terutama website desa mampu merubah mendset kita dalam menyikapi atas perubahan inrformasi desa , hal ini di buktikan dengan banyaknya desa yang mengikuti Bimtek terkait pengelolaan website desa. Keberadaan website desa mampu membuka  cakrawala dan menambah wawasan tentang dunia luar atau keadaan suatu desa yang tidak terjangkau dalam pemikiran kita tentang situasi dan kondisi desa tersebut.

Dalam sekejap saja sekarang ini kita bisa mengetahui perkembangan suatu desa dengan cara memngunjungi website desa nya. Dari hasil kunjungan melalui website desa yang lain dapat menjadi borometer bagi website desa kita  , sejauh mana perkembangan dan progres website kita terhadap website yang telah kita kunjungi. Sisi lain dari performa website desa bayak yang belum menyadari manfaat lainnya, selain sebagai layana informasi public maupun sebagai transparansi publik.

Adapun manfaat lainnya yang dapat kita sampaikan dalam artikel ini diantaranya adalah:

1.      1. Pertemanan

Tanpa kita sadari dari seringnya kita mengunjungi website desa lain dapat menjadikan seutu pertemanan  , yang sebelumnya tidak saling mengenal pada akhirnya saling mengenal khususnya bagi operator, admin ataupun antar pemerintahan desa. Dari hasil kunjungan tersebut akan tejalin suatu komunikasi dan saling tukar informasi tentang situasi dan kondisi masing masing desa.

2.      2. Berbagi informasi

Komunikasi yang intens dapat meningkatkan pengetahuan dan gagasan untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola website desa. Berbagi informasi sangat diperlukan dalam menanggulangi permasalah dalam pengelolaan website desa serta dapat mengatasi segala kendala yang mungkin di alami oleh pengelola website desa lainnya. Berbagi informsi juga dapat menutupi kelemahan salah satu website desa untuk tampil lebih elegan dan percaya diri dalam mengupload suatu berita desa maupun artikel desa, yang akan berimbas pada peningkatan statistik pengunjung.

3.      3. Meningkatkan Performa website desa

Dengan mengunjungi website desa lain akan memicu semangat dalam mengelola agar dapat meningkat seperti pada website yang telah di kunjungi. Perubagan dalam sudut pandang tersebut secara otomaitis akan berpengaruh terhadap performa website desa tersebut apakah performanya akan meningkat atau sebaliknya. Sebagai seorang pemula pada pengelolaan website desa tentunya harus rajin belajar baik pada media online atau pada sesama pengelola website desa.

4.     4.  Edukasi

Dari semua uraean tersebut diatas dapat kita jadikan sebagai bahan edukasi atau pembelajaran dalam pengelolaan website desa yang baik dan benar sesuai dengan tingkat kemampuan masing – masing operator website desa. Pembelajaran ini tentunya di mulai dari yang paling sederhana hingga pada taraf yang paling sulit. Sumber daya manusia antara desa satu dengan yang lainnya cenderung tidak sama oleh karena itu sebagi bahan edukasi juga menyesuaikan dengan kemampuan dan mempertimbangkan segala kendala terutama pada sistem website desa maupun pada tidak adanya jaringan internet desa.

5.      5. Sarana silaturahim

Keberadaan website desa juga dapat menjadi sarana silaturahim khususnya bagi pengelola yang pada saat ini berada jauh dari kampung halamannya. Dengan mengunjungi website desa di kampung halaman kita dapat melihat perkembangan dan perubahan desa tersebut dari hasil postingan website desa . manfaat lainnya dapat juga mempertumukan sanak keluarga melalui media website desa , face book serta akun media milik desa lainnnya untuk dapat melihat atau bekomunikasi .

Kesimpulan; Dari uraean tersebut di atas membuktikan bahwa sebenarnya website desa punya multi fungsi  dan dapat di manfaatkan sebagai media untuk meningkatkan pelayanan public, transparansi public serta manfaat lainnya selama tidak bertentangan dengan kaidah atau tujuan yang akan di capai dalam pengelolaan website desa .

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU