Visitor

Jumat, 26 Januari 2024

PRINSIP DASAR MENULIS ARTIKEL DESA

 

PRINSIP  DASAR MENULIS ARTIKEL DESA

 


Menulis suatu artikel desa merupakan sebuah pekerjaan wajib bagi admin atau kontributor  pada website desa agar dapat memberikan informasi yang lebih luas terhadap fungsi website desa sebagai layanan administrasi desa maupun sebagai informasi publik. Artikel desa di buat tentu memiliki tujuan yang akan disampaikan kepada masyarakat baik berupa informasi hasil pembangunan , kegiatan desa maupun promosi produk unggulan desa. Banyaknya artikel yang ada di website desa menjadi warna tersendiri sebagai pembeda antara website desa yang satu dengan website desa yang lain, sebagai ciri dalam membangun serta meningkatkan fungsi website desa dalam peruntukannya.

Baca juga artikel: Belajar Menulis Artikel Di Website Desa, klik disini

Kemampuan dalam menulis artikel desa merupakan tantangan bagi admin atau pengelola website desa untuk meningkatkan performa serta memiliki daya saing pada situs pencarian baik pada situs Google, situs Yahoo , situs Microsoft edge dan yang lainnya. Hal ini sangat penting agar website desa dapat di kenal secara luas melalui hasil karya artikel yang memiliki kualitas yang baik serta sangat dibutuhkan oleh sebagian orang atau masyarakat untuk menambah pengetahuan . Multi fungsi dari website desa diharapkan mampu memberikan nilai plus pada website desa sehingga akan selalu di kunjungi oleh pembaca atau masyarakat sebagai visitor aktif terhadap perkembangan artikel teradate dari website desa tersebut.

Baca juga artikel: Sejarah Desa Sriwidadi, klik disini

Tujuan dari menulis artikel desa adalah sebagai media informasi public yang dapat diakses dan diketahui masyarakat dalam pelaksaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan sebagai promosi produk unggulan desa serta sebagai perwujudan dari transparansi publik.

Jenis –jenis artikel diantaranya adalah:

1. Artikel diskripsi

merupakan pengantar dari sebuah tulisa atau artikel sebagai kalimat pembuka yang memiliki fungsi untuk menggambarkan sesuatu dengan menggunakan verbal. Biasanya penulisan deskripsi ini adalah sebagai pengantar pada paragraph pertama dan kedua , setiap artikel memiliki pengertian, tujuan dan manfaat yang berbeda-beda.

2. Artikel eksposisi

Merupakan gambaran suatu peristiwa atau topik yang sedang berkembang disertai dengan adanya bukti pendukung serta hasil analisis yang saling berhubungan dengan tujuan untuk mengklasifikasi, menjelaskan serta mengevaluasi tema yang sedang di bahas.

Baca juga artikel: Pengertian, Prinsip Dan Tujuan SDGs Desa, klik disini

3. Artikel argumentasi

Merupakan artikel yang berisi gagasan atau teori mengenai sebab akibat suatu peristiwa dengan tujuan untuk menyakinkan pembaca terhadap topik atau tema yang disertai fakta yang logis dan objektif.

4. Artikel narasi

Merupakan artikel yang ditulis untuk menyampaikan suatu rangkaian peristiwa yang terjadi dalam satu Kesatuan waktu sebagai informasi secara  mendalam kepada pembaca, facktual, serta mudah dipahami.

5. Artikel Persuasi

Merupakan tulisan artikel yang bertujuan untuk mengajak pembaca untuk melakukan suatu tujuan tertentu dengan mengedepankan alasan-alasan yang logis sebagai dasar agar pembaca terpengaruh atas tulisan artikel tersebut.

6. Artikel ilmiah

Merupakan artikel yang ditulis dengan menggunakan kaidah jurnalistik dan bahasa yang lugas, logis,efektif serta objektif yang akan di muat dalam media massa, majalah atao tabloid, buku ilmiah  serta media digital.

7. Artikel Opini

Merupakan tulisan yang berasal dari sudut pandang penulis berdasarkan data atau fakta yang terjadi sebagai informasi subjektif . Setiap orang tentu meiliki sudaut padang yang berbeda dalam menilai suatu topik sehingga perlu mempelajari secara mendalam agar singkronisasi pendapat atau sudut pandang tidak jauh berbeda dengan pendapat para ahli maupun masyarakat.

Baca juga artikel: Opini Media, Mengapa Website Desa Bisa MatiSuri, klik disini

8. Artikel Ulasan

Merupakan tulisan ulasan atau pendapat dari penulis terhadap suatu topik berdasarkan sudut pandang secara subjektif sebagai rangkuman atau evaluasi pada artikel yan sudah dibaca atau di dengar oleh penulis.

Prinsip dasar menulis antara lain sebagai berikut:

1. Bersdasarkan Para Ahli

Merupakan prinsip dalam menulis artikel desa berdasarkan pendapat para ahli yang dipaparkan secara luas dan terstruktur baik dalam sebuah buku atau karya ilmiah maupun dalam bentuk tesis serta makalah. Pendapat para ahli di gunakan sebagai dasar untuk menguatkan suatu artikel publik agar dapat diterima olek masyarakat atau khalayak umum.

Baca juga artikel: Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Sistem Informasi Desa,klik disini

2. Berdasarkan Imajinasi

Merupakan prinsip daya imajimasi dan opini dari penulis yang di hasilkan atas pemikiran yang terlintas dalam waktu yang relative singkat yang dituangkan dalam sebuah artikel dari angan –angan yang muncul secara tiba-tiba tanpa dipengaruhi oleh prinsip dasar lainnya. Daya imajinasi mengedepankan sudut pandang dari penulisnya sebagai opini media agar dapat diterima oleh masyarakat sebagai suatu hasil karya yang relevan.

Baca juga artikel: Peran Komunitas Dalam Meningkatkan WebsiteDesa, klik disini

3. Berdasarkan Relevansi

Merupakan prinsip keterkaitan antar paragraph dalam suatu artikel yang mengedepankan berdasarkan kamus bersar baha Indonesia yang baik dan benar dalam tata cata penulisan maupun gaya bahasa dalam menulis suatu artikel desa.

Baca juga artikel: Pengertian, Tujuan Dan Dampak EkonomiKreatif, klik disini

4. Berdasarkan Reverensi

Merukapan ketergantungan terhadap hasil karya seseorang untuk dijadikan bahan reverensi agar dapat menghasilkan artikel yang berkualitas sebagai perbandingan dan untuk di ambil sebagian sebagai penguatan dan pembenaran dari artikel tersebut. Semakin banyak reverensi dari hasil karya yang berkualitas dapat menghasilkan artikel yang berkualitas juga.

Baca juga artikel: Pengertian, Indikator, Klasifikasi Desa Mandiri, klik disini

5. Berdasarkan Undang-Undang

Merupakan prinsip dasar dalam suatu artikel yang menekankan terhadap undang-undang sebagai bahan utama dalam penulisan artikel desa . Sebuah artikel akan memiliki nilai atau kualitas baik apabila menggunakan undang-undang atau peraturan perundang-undangan sebagai acuan dasar dalam menulis artikel desa.

Baca juga artikel: Filosofi Kembang Api, klik disini

Kesimpulan; Menulis artikel desa merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah oleh karena itu perlu pembelajaran tersendiri bagaimana tata cara penulisan yang baik dan benar serta berkualitas, sehingga dapat diterima oleh pembaca sebagai ilmu pengetahuan.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU