Visitor

Senin, 29 Januari 2024

TIPS MEMBUAT JUDUL PADA ARTIKEL DESA

 

TIPS MEMBUAT JUDUL PADA ARTIKEL DESA

 

Deskripsi Judul

Dalam membuat suatu artikel atau karya tulis tentu sangat berkaitan dengan yang namanya judul pada artikel tersebut, sebagai perwakilan atau gambaran secara menyeluruh dari isi artikel tersebut.  Namun judul dengan tema memiliki arti yang berbeda, antara tema dan judul keduanya saling berhubungan, saling terkait dan menguatkan sehingga ada beberapa artikel yang meletakan suatu tema diantara kalimat judul, bahkan ada juga yang mengabungkan antara tema dan kata kunci di antara kalimat judul.

Baca juga artikel: Belajar Menulis Artikel Website Desa, klik disini

Artikel merupakan suatu karangan tertulis dengan panjang tidak ditentukan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik,menghibur, dan menyakinkan. Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dimedia daring maupun cetak dengan tujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat menyakinkan, mendidik, dan menghibur ( Wikipedia)

Baca juga artikel: Pertumbuhan Penduduk Sriwidadi, klik disini

Pengertian Judul

Judul pada artikel  adalah sebuah prase singkat atau kalimat yang menggambarkan pokok pembahasan dari suatu artikel. Judul haruslah jelas, informatif dan menarik agar pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan artikel. Judul juga merupakan identitas atau cermin dari artikel yang biasanaya dalam pelajaran bahasa Indonesia di sebut Kepala Tulisan, sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia judul adalah nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang menyiratkan secara pendek isi atau maksud dari buku atau bab itu.

Baca juga artikel: Persebarab Penduduk, klik disini

Fungsi Judul Pada Artikel

Judul berfungsi sebagai acuan atau gambaran karya tulis dan sebagai ide pokok yang ingin disampaikan penulis kepada bembaca. Ide pokok tidak hanya ada di dalam setiap paragraf artikel, tetapi juga bisa ditemukan dalam judul.

Manfaat Judul Pada Artikel

1. Menarik perhatian pembaca

2. Menggambarkan isi artikel

3. Memicu pembaca untuk membaca isi artikel tersebut

4. Menggambarkan topik artikel yang relevan terkait dengan maksud, tujuan dan fungsi artikel

Tips Membuat Judul Pada Artikel

 Tips membuat judul pada artikel antara Lain Sebagai Berikut:

1. Buat Judul yang  Simpel

Judul dibuat sesimpel mungkin atau spesifik agar mudah dipahami pembaca dan mampu mewakili dari isi secara keseluruhan. Pada judul yang menggunakan kalimat panjang dapat mempengaruhi terhadap kekuatan dan performa kata kuci dalan penelusuran pada situs tertentu.

2. Memiliki daya tarik terhadap pembaca

Sebuah judul diharapkan mampu memiliki daya tarik terhadap pembaca atau audens, sehinga para pembaca atau pengunjung situs website desa akan menyelesaikan seluruh artikel dalam membacanya. Judul yang menerik juga dapat menggambarkan isi dari artikel tersebut seolah-olah artikel tersebut memang menarik untuk dibaca.

3. Dapat dipahami secara jelas

Prase pada judul singkat dan padat serta dapat dipahami oleh pambaca, apalagi yang menggunakan kata-kata istilah harus selaras sehingga tidak mengurangi makna dari judul tersebut. Penggunaan kata singkatan bertujuan untuk menghindari kalimat yang panjang sehingga mudah untuk dipahami dalam pengertian judul yang dimaksud.

4. Pertajam dengan angka bilangan pada bagian judul

Angka bilangan juga dapat mempertajam suatu judul pada artikel sehingga mempunyai daya tarik terhadap bobot suatu arikel yang ditunjukan dengan bilangan angka. Semakin besar nilai angka bilangan semakin besar juga nilai manfaat suatu artikel. Bilangan angka juga merupakan cerminan dari isi artikel yang menggambarkan pokok bahasan dalam tema yang di angkat dalam suatu artikel, sehinnga menjadi daya tarik bagi pembaca.

Baca juga artikel: Konsep Desa Digital, klik disini

5. Sisipkan kata kuci pada judul artikel

Kata kunci sangat berhubungan erat dengan bagaimana artikel tersebut dapat ditemukan oleh pembaca pada pencaharian di sebuah situs tertentu. Hal ini sangat penting mengapa judul artikel dibuat spesifik karena para audens dalam mencari artikel pada situs juga dengan kalimat judul yang simple atau singkat sehingga dapat konek dengan artikel yang diperlukan. Sebaiknya kata kunci menyatu dalam sebuah kalimat judul .

6. Beri alasan agar orang mau membaca artikel

Pada judul yang spesifik biasanya akan ditambahkan kalimat pendukung sebagai satu kesatuan yang utuh yang dapat menjelaskan isi sebuah artikel tanpa mempengaruhi kata kunci serta dapat menarik peminat pada artikel tersebut untuk dibacanya. Tujuan dari penambahan kalimat pada judul hanya untuk menguatkan arti dan tujuan yang terdapat pada artikel.

7. Tunjukan manfaat dari judul artikel

Nilai manfaat pada judul dapat menjadi daya tarik terhadap artikel, hal ini berfungsi sebagai gambaran bahwa artikel tersebut memilki nilai manfaat ketika pembaca telah selesai membaca secara keseluruhan isi artikel tersebut. Kadang kala dalam membuat judul banyak yang menyisipkan kata manfaat agar pembaca tertarik untuk melanjutkan dalam membaca bahwa artikel tersebut banyak memiliki manfaat.

Baca juga artikel: Pengertian, Maksud Dan Tujuan Sistem Informasi Desa, klik disini

8. Buat judul kerkesan urgent

Judul artikel dapat dibuat olah-olah bersifat urgent atau wajib dibaca yang berhubungan dengan tugas pokok, atau yang lagi trend sehingga menjadi suatu keharusan untuk di baca terkait informasi dalam artikel tersebut. Sifat urgent atau darurat maupun prinsipil dapat menjadi pemicu bagi pembaca untuk membaca artikel lebih jauh lagi.

9. Bangkitkan ikatan emosi pembaca lewat judul

Judul yang baik dapat memberikan kesan pada para pembaca sehingga mampu membangkitkan ikatan emosi tidak hanya pada artikelnya saja tetapi juga pada penulisnya . Ikatan emosi yang tercipta dapat mengakibatkan ketertarikan pada artikel lainnya, sehingga menjadi point plus serta dapat menjadikan sebagai pembaca setia pada artikel berikutnya.

Baca juga artikel: Optimalisasi Website Menuju Desa Maju, klik disini

Kesimpulan; Judul merupakan gambaran dari artikel yang bertalian erat dengan tema maupun kata kunci yang dapat mewakili sebuah artikel secara keseluruhan,  yang memiliki daya tarik bagi para pembaca.

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU