Visitor

Sabtu, 30 Desember 2023

TOP TRENDING 2024, WEBSITE DESA MAKIN POPULER

 

TOP TRENDING DI TAHUN 2024, WEBSITE DESA MAKIN POPULER

 

Perkembangan digitalisasi mengalami kemajuan cukup pesat pada akhir tahun 2023 ini, hal ini membuktikan, bahwa layanan website desa sudah menjadi suatu kebutuhan bagi pemerintahan desa dari hulu sampai ke hilir. Semua desa mulai berbenah untuk menyongsong era digitalisasi ini dengan menyiapkan sumber daya manusia, perangkat keras dan perangkat lunak dan penganggaran serta ketersediaan jaringan internet desa. Untuk wilayah Kabupaten Kapuas kemungkinan sudah mencapai 75 % Desa yang mempunyai Website Desa baik yang menggunakan Domain Simsa.id , Desa.id, Blogspot.com, Digides.id serta jenis Domain lainnya.

Penyedia layanan hosting di akhir tahun ini aktih melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis pengelolaan website desa di berbagai wilayah, ini menunjukan komitmen dari penyedia layanan hosting dan domain ikut andil dalam mencerdaskan desa sesuai amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa bahwa desa berhak mendapatkan layanan informasi publik. Kepedulian penyedia layanan harus kita apresiasi dengan melaksanakan apa yang di peroleh pada saat bimtek untuk di terapkan pada pemerintahan desa dalam pelayanan publik maupun transparansi penggunaan anggaran desa.

Website desa akan menjadi top trending di tahun 2024 bukan isapan jempol belaka, mengingat banyak desa sedang berjuang untuk melakukan inputan data penduduk, data data lainnya untuk melengkapi semua menu yang ada dalam sistem website hingga siap untuk beroperasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pada awal tahun 2024 juga akan terjadi seleksi alam khususnya bagi desa yang telah lebih dulu memiliki website desa, aktifitas website desa sangat mudah untuk diakses publik hanya dengan mengenal nama desa nya, baik yang merdomain Simsa.id maupun yang berdomain Desa.id. sehingga website desa yang aktif dan yang tidak aktif dapat di ketahui publik.

Setiap desa memiliki kendala yang berbeda satu dengan yang lainnya, baik dari jaringan internet, penganggaran maupun dari sumber daya manusia yang siap pakai atau yang belum mampu untuk mengelola website tersebut. Sumber daya manusia bukan menjadi alasan utama dalam pengelolaan website desa karena banyak desa dengan sumber daya manusia yang rendah dan pas-pasan ternyata mampu mengelola website desa dengan baik. Untuk desa terpencil kemungkinan yang menjadi kendala utama adalah belum tersedianya jaringan internet desa itupun bukan merupakan kendala mengingat website desa ada yang off line sehingga dapat di onlinekan tetika ada jaringan inrternet.

Tahun 2024 juga merupakan tantangan bagi penyedia layanan hosting untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan lanjutan paska pelatihan maupun paska kegiatan bimbingan teknis cara pengelolaan website desa  di semua desa yang menjadi binaan dan sekaligus sebagai mitra kerja di masa sekarang dan yang akan datang. Hasil analisa aktifitas website desa di semua wilayah akan menjadi bahan lanjutan serta metode pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis selanjutnya agar membuahkan hasil yang maksimal. Komunikasi yang intens dengan pihak penyedia layanan hosting sangat diperlukan dalam mengatasi semua kendala yang terjadi pada saat input data maupun ketika terjadi error pada ssstem website desa. Kerja sama pemamfaatan layanan website desa antara pemerintah desa dengan penyedia layanan hosting merupakan jenis kerja sama yang saling menguntungkan dari pihak pemerintah desa maupun dari pihak penyedia layanan hosting.

Tahun 2024 juga akan terjadi persaingan yang sehat antar penyedia layanan hosting, mengingat di beberapa wilayah kabupaten masih banyak juga yang belum memilki website desa sehingga akan menjadi peluang bagi penyedia layanan hosting untuk menawarkan dan bekerja sama melalui bimbingan teknik tentang pengelolaan website desa. Tidak hanya bagi penyedian layanan hosting saja tetapi juga berlaku bagi semua desa terutama yang menggunakan domain Simsa .id juga akan terjadi persaingan yang sehat dalan rangka pengelolaan dan peningkatan website desanya masing-masing. Agar tidak ditinggalkan oleh mitra kerjanya tentunya penyedia layanan hosting akan melakukan perbaikan dalan pelayanan hosting maupun pada saat pelaksanaan bimbingan teknis diantaranya merilis versi terbaru setiap tahunnya terhadap tema maupun penambahan fitur pada ssstem.

Tahun 2024 juga akan terjadi persaingan sehat antar pengelola, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik maupun untuk meningkatkan performa website desanya masing-masing. Saling mengunjungi website desa baik ke sesama komunitas maupun kepada desa terdekat akan menjadi borometer sudah sampai di mana progres dalam pengelolaan website desanya, apakah sudah maksimal atau belum. Perbandingan performa website desa tentunya akan berbeda antara desa yang satu dengan desa yang lainnya, kama jadikanlah sebagai pemicu untuk melakukan beberapa langkah perbaikan dalam pengelolaan sehingga website desanya akan menjadi lebih baik dan bisa berkembang.

Untuk memiliki website desa yang punya daya saing ada beberapa syarat website desa yang baik diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      1. Desain tema pada dashboard yang friendly

2.      2. Navigasi yang mudah

3.      3. Isi konten yang relevan terkait administrasi desa dan artikel desa

4.    4. Kecepatan loading yang baik pada website desa

5.      5. Responsif dan mobil friendly

6.    6. Memiliki sistem keamanan dan perlindungan data penduduk

7.    7. Keterbukaan dengan media sosial

8.   8. Fitur pencarian yang baik

9.     9. Optimalisasi seo biasanya pada google search console yang bersifat gratis

10.10. Informasi kontak yang jelas dalam pelayanan online

11 11. Testimoni dan mendapat ulasan yang positif

12 12. Artikel pada menu terupload secara teratur

  13Strategi pemasaran produk unggulan desa yang baik

1   14. Rutin melaksanakan analisa kinerja

1   15. Responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Tahun 2024 disamping akan menjadi top trending bagi website desa juga merupakam momentum bagi pemerintahan desa untuk  cepat dan tanggap menghadapi perubahan teknologi digitalisasi terutama dalam pengelolaan website desa di masa sekarang dan masa yang akan datang.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU