Visitor

Sabtu, 13 Januari 2024

CARA MEMBUAT LINK DI ANTARA PARAGRAF

 

CARA MEMBUAT LINK DIANTARA PARAGRAF


Website desa merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat di manfaatkan sebagai sarana penunjang dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Website desa memiliki peranan sangat penting dalam sistem pemerintahan desa seperti yang telah di amanatkan dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa bahwa pemerintah desa berhak mendapatkan layanan informasi untuk menunjang kinerja dalam memberikan pelayanan administrasi desa kepada masyarakat. Keberadaan website desa memberi warna tersendiri dalam upaya percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional ( Perpres nomor 82 Tahun 2024 ).

Website desa khususnya domain Simsa memiliki fungsi, sebagai pusat data pemerintah desa yang dapat di manfaatkan sebagai sarana pelayanan administrasi di tingkat desa, juga dapat di manfaatkan sebagai pelayanan mandiri bagi masyarakat serta sebagai informasi public. Melalui website desa, masyarakat dapat mengakses untuk mendapatkan informasi, mendapatkan layanan juga sebagai sarana transparansi penyelenggaraan pemerintah desa , pelaksanaan pembangunan desa maupun transparansi pengelolaan keuangan desa. Kehadiran website desa diharapkan dapat membawa dampak yang positif bagi pemerintah desa, bukan sebaliknya menjadi beban bagi pemerintah desa terutama dalam menginput data penduduk, lembaga desa serta dalam penganggaran.

Website desa juga harus bermanfaat bagi pemerintah desa, karena anggaran yang dialokasikan untuk menunjang pengelolaan website desa menggunakan anggaran Negara, yang harus bisa dipertanggung jawabkan penggunaannya. Apa saja sih manfaat website desa bagi pemerintah desa , diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Sebagai pusat data bagi pemerintah desa meliputi data penduduk, lembaga desa, dll.

2.      Sebagai media layanan administrasi desa dan media layanan mandiri

3.      Publikasi maupun promosi potensi atau produk unggulan desa

4.      Sebagai sarana transparansi publik

5.      Agar di kenal oleh desa lain melalui media sosial

6.      Lebih mudah dengan system digital dari pada sistem manual

7.      Kepatuhan terhadap undang-undang terkait dengan system informasi desa 

Bagi pemula yang baru saja mengenal website desa tentunya banyak sekali kendala yang dialami dalam pengelolaan website desa bukan hanya pada saat infut data penduduk saja tetapi juga dalam menginfut menu-menu yang lainnya. Di sini di perlukan sifat kesabaran, kerja sama tim, dan komunikasi dengan rekan sesama pengelola website desa serta perlu dukungan pemangku kebijakan di tingkat desa. Banyak cara untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kamajuan website desa kita di mesin penelusuran Google apakah sudah masuk ke daftar indeks atau sudah terindeks pada mesin pencarian Google. Adapun cara yang paling sangat sederhana dan sangat mudah untuk mengetahui performa website desa kita adalah sebagai berikut:

1.      1. Tulis di pencarian google nama desa kita atau nama website desa tanpa https

Hal ini untuk mengetahui sebarapa jauh website desa di kenal oleh mesin telusur google, walaupun secara logika sudah online tetapi belum tentu performanya bagus, dari hasil pencarian website desa tersebut apabila dapat muncul di mesin telusur google berarti website desa sudah di kenal sama system di google atau sebaliknya

2.      2. Tulis site:nama website desa tanpa https

Untuk mengetahui keberadaan artikel yang sudah di upload di sistem informasi desa apakah sudah masuk daftar indeks atau sudah terindeks, maka ketika sudah masuk daftar indeks tentunya artikel kita akan muncul di pencarian Goole, atau sebaliknya.

3.    3. Melalui Search Google Console

Ini merupakan cara yang paling sederhana dan gratis dalam melakukan pengindeksan artikel di Google agar artikel yang sudah di upload dapat di tampilkan di pencaharian google sesuai dengan kiuri dari artikel tersebut

Seperti dengan tema tersebut diatas, seberapa pentingkah dan sebarapa besar pengaruhnya terhadap artikel yang sudah di upload dengan teknik menggunakan sistem link diantara paragraph dalam artikel yang kita buat ?,Tentu saja sangat besar sekali pengaruhnya dalam sistem penelusuran oleh mesin Google atau yang biasanya di kenal dengan sistem perayapan/pengindeksan. Penggunaan link diantara paragraph dalam artikel kita sangat di anjurkan sebagai langkah dalam peningkatan performa website desa. Tujuan dari link pada sistem google antara lain sebagai berikut:

1.  Website yang artikelnya terdapat link diatara paragraph oleh sistem pengindksan bahwa website desa tersebut di anggap bagus

2.      Memudahkan identifikasi artikel atau website desa dalam sistem google

3.      Konten di anggap sangat relevan dan layak di indeks

4.      Artikel di anggap memiliki kualitas yang baik, dll

Adapun link tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Link internal

Merupakan link artikel yang berasal dari dalam website tersebut yang di sisipkan diantara paragraph pada artikel

2.      Link eksternal

Merupakan link artikel yang berasal dari luar website yang di sisipkan di antara paragraph pada artikel 

Cara membuat link diantara paragraf dalam suatu artikel adalah sebagai berikut:

1.   Buka website desa kita sebanyak dua kali bersisihan agar mudah mengambil link artikel dalam satu website ( internal) atau sebaliknya dengan website yang berbeda ( Eksternal )

2.      Sama-sama buka menu pembuatan artikel, kemudian salah satunya buka menu edit artikel

3.      Edit artikel atau isikan kalimat dan judul artikel yang akan kita link

4.     Pada menu pembuatan artikel cari tanda mata dan klik kanan lalu pilih copy link addres di copy

5.    Masuk ke website yang tadi kita buat Alamat link artikel  di blog sampai judul artikel saja  kemudian klik tanda symbol rantai( Link) yang ada di dasbord dan akam muncul   format.ada  kolom kosong dan judul artikel

6.      Pastekan saja pada kolom yang pertama (Kosong) lalu klik simpan di sisi bawahnya

7.    Setelah itu kita simpan kebali secara kelusuruhan baik link maupun artikel hasil edit tadi dengan cara klik pada menu simpan paling pojok kanan bawah seperti kita mau mengimpan atau upload artikel., selaesai .

Website desa sriwidadi dalam pengelolaannya di back up oleh tiga blogger untuk meningkatkan performa dan daya saing di mesin pencaharian google, ketiga Blogger tersebut adalah sebagai berikut:

1.      https:rahadianartikel.blogspot.com

2.      https:dianshodan.blogspot.com

3.      https:perpussriwidadi.blogspot.com

Kesimpulan,

Bahwa dalam pengelolaan website desa di perlukan sifat kesabaran, ketelitian dan kecermatan serta kecerdikan dalam upaya optimalisasi dan percepatan peningkatan performa website desa yang mempunyai daya saing untuk menyambut era digitalisasi di tingkat desa.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU