Visitor

Sabtu, 16 Maret 2024

Bentang Alam Desa Sriwidadi

 

BENTANG ALAM DESA SRIWIDADI


A. Pengertian Bentang Alam

Bentang alam adalah suatu unit geomorfologis yang pengelompokaanya berdasar pada sejumlah karakteristik seperti kelandaian, elevasi, stratifikasi, paparan batuan serta jenis tanah. alam arti yang sederhana yaitu merupakan bentuk permukaan bumi meliputi dataran , pegunungan, lembah , perbukitan menjadi satu kesatuan . Setiap wilayah atau daerah tentunya memiliki bentang alam yang berbeda-beda berdasarkan karakteristik daerah tersebut. Bentang alam sendiri banyak memiliki arti dari beberapa asfek keilmuan yang berkembang pesat, baik menurut para ahli geografi maupun di tinjau dari kamus besar bahasa indonesia. Pemandangan alam yang indah baik di pesisir pantai ataupun di pegunungan merupakan suatu tipe bentang alam yang ada di suatu wilayah tersebut. Dengan kemajuan teknologi bentang alam dapat di manfaatkan untuk kemakmuran masyarakat sekitar. Sumber daya alam yamg melimpah tidak terlepas dengan adanya bentang alam yang mendukung sehingga dapat di eksplorasi kekayaan alam di dalamnya.

Baca juga artikel: Sejarah Desa Sriwidadi, klik disini

B. Bentuk-Bentuk Bentang Alam

Berdasarkan karakteristiknya bentang alam dapat di kelompokan menjadi beberapa jenis bentang alam diantaranya :

1. Dataran 

Meliputi dataran rendah ,memeiliki sifat karakteristik alam yang landai dan rata yang terletak di antara pegunungan dan pesisir pantai, berbeda dengan dataran tinggi memiliki wilayah yang berbukit-bukit dengan suhu sangat rendah. contohnya dataran tinggi dieng

2. Pegunungan

Meliputi satu kesatuan gunung baik yang masih baktif maupun tidak yang membentang luas dengan lereng yang terjal . Bentang alam ini sangat di sukai oleh para pendaki gunung atau pecinta alam.

3. Lereng

Berada di antara dataran tinggi dengan pegunungan yang merupakan satu kesatuan bentang alam satu sama lain saling berhubungan secara karakteristik , sebagai contoh daerah lereng gunung merapi

4. Pesisir 

Daerah ini bisa di bilang sangat landai berbatasan langsung dengan laut tetapi ada juga daerah pesisir yang berbukit-bukit.

5. Kepulauan 

Daerah ini hampir sama dengan daerah pesisir tetapi wilayah ini terletak di antara gugusan pulau yang membentang din sekitarnya, dan masih banyak lagi jenis bentang alam yang terdapat pada suatu wilayah berdasarkan keadaan permukaan tanah, contohnya adalah kepulauan seribu

Baca juga artikel : Topografi Desa Sriwidadi, klik disini

C. Pembentukan Bentang Alam

Terjadinya bentang alam di suatu wilayah tentunya berbeda-beda berdasarkan beberapa sumber keilmuan yang mempelajarinya, baik secara ilmu geografi maupun ilmu pengetahuan lainya. Secara geografis terjadinya bentang alam akibat pergerakan beberapa lempeng yang ada di perut bumi maupun oleh adanya pergerakan lempeng tektonik. terbentuknya jenis kawasan bentang alam tidak terlepas dari reaksi secara kimiawi maupun secara biologis. 

Baca juga artikel: Demografi Desa Sriwidadi, klik disini

D. Manfaat Bentang Alam

Bentang alam yang terbentuk di suatu wilayah tentunya memilki sumber daya alam yang berbeda-beda berdasarkan jenis bentangnya terkandung bermacam-macam mineral dan bahan tambang. Baik di pegunungan, maupun di dataran memiliki nilai manfaat untuk di kembangkan maupun di eksplorasi baik oleh negara , badan usaha, ataupun di kelola oleh pemerintah daerah setempat. Bentanag alam pegunungan , pesisir pantai tetunya akan di manfaatkan untuk kegiatan pariwisata, dan lain sebagainya. 

Baca juga artikel: Monografi Desa Sriwidadi, klik disini

Tata kelola yang baik dengan tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungannya akan memperpanjang keberlangsungan sumber daya alam dan sebaliknya eksplorasi yang tidak memperhatikan ekositim di sekitarnya dapat merusak dan menilbulkan dampak bagi masyarakat sekitarnya. Bebarapa manfaat dari bentang alam di antaranya sebagai berikut:

1. Dataran rendah di samping untuk pemukiman juga dapat di pergunakan di sektor                  pertanian

2. Daerah perbukitan atau pegunungan dapat ambil mineralnya baik berupa logam muliya          ataupun batubaranya.

3. Pesisir pantai tentunya dapat di jadikan destinasi wisata serta masih banyak yang lainnya 

Setiap desa memiliki ciri-ciri dan bentuk serta relief bentang alam yang berbeda satu sama yang lainnya, hal ini terjadi karena bentuk bumi yang tidak rata , yang tediri dari pegunungan, perbukitan, dataran tinggi, dataran rendah serta pantai.

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU