Visitor

Rabu, 01 Mei 2024

Pemerintah Desa Sriwidadi Pantau May Day Di Pantai Takisung

 

Pemerintah Desa Sriwidadi Pantau May Day Di Pantai Wisata Takisung

                                                                                         

Sriwidadi, Rabu 1 Mei 2024; Pemerintah Desa Sriwidadi melaksanakan pemantauan kegiatan Serikat Buruh Sejahtera Mandiri ( SBSM ) PT. globalindo Agung Lestari pada Peringatan Hari Buruh Internasional di area Wisata Takisung. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Serikat Buruh Sejahtera Mandiri ( SBSM ) ,bekerjasama dengan PT.Globalindo Agung Lestari yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, yang areal kebunnya berada di wilayah Desa Sriwidadi dan sekitarnya.

Pemerintah Desa Sriwidadi selalu mematuhi aturan libur nasional yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah termasuk pada tanggal 1 Mei merupakan libur nasional, untuk memperingati Hari Buruh internasional atau May Day. Pemerintah Desa pada kesempatan ini tidak melaksanakan kegiatan, namun mengingat banyak warga Desa Sriwidadi yang berstatus sebagai karyawan pada PT Globalindo Agung Letari yang bergerak di bidang Perkebunan Kepala Sawit, perlu dilakaukan pemantauan aktivitas warganya yang berstatus sebagai karyawan. Melalui Organisasi Serikat Buruh Sejahtera Mandiri  yang telah terdaftar di Dinas Ketenagakerjanan Kabupaten Kapuas, selalu mengadakan kegiatan pariwisata pada Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day setiap tanggal 1 Mei.                      

Pada tahun 2024, SBSM bekerjasama dengan pihak manajemen PT. Globalindo Agung Lestari telah mengadakan kegiatan wisata ke Pantai Takisung Kecamatan Bati-Bati kabupaten Tanah Laut  Kalimantan Selatan. Pada kegiatan tersebut dari karyawan hanya di pungut uang sebesar Rp 50.000 ,- setiap orangnya  untuk biaya transportasi  , selebihnya di tanggung pihak SBSM yang bekerjasama dengan manajemen PT. Globalindo Agung Lestari ( PT. GAL ).

Peserta wisata ke Pantai Takisung terdiri dari Karyawan Plasma dan Karyawan Inti serta dari pihak Serikat Buruh Sejahtera Mandiri (SBSM) beserta perwakilan Manajemen PT. globalindo Agung Lestari. Pada pelaksanaan kegiatan tahun ini memberangkatkan 10 Armada Bis Pariwisata dengan total peserta kurang lebih 400 karyawan. Dalam kegiatan peringatan May Day, setiap Karyawan diperbolehkan untuk mengikutsertakan anggota keluarganya.

Peringatan Hari Buruh merupakan agenda tahunan bagi pengurus Serikat Buruh Sejahtera Mandiri (SBSM) pada PT. Globalindo Agung Lestari ( PT. Gal ) yang selalu mengadakan kegiatan Pariwisata terutama ke wisata pantai yang ada di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya, hal ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi dan peran aktif dari pengurus SBSM terhadap seluruh anggotannya. Hubungan yang baik antara Manajemen Perusahaan PT . Gal dengan Pengurus SBSM membuat momen peringatan Hari Buruh Sedunia tidak dilakukan dengan cara turun ke jalan atau ke pusat pemerintahan maupun pusat manajemen PT. Gal dalam bentuk pawai atau demo .

  1. Tujuan Diperingati Hari Buruh Internasional  , antara lain:
  2. Sebagai penghormatan terhadap peristiwa 1 mei di Haymarket Chicago.
  3. Sebagai penghormatan dan pengakuan terhadap peran buruh/pekerja dalam pelaksanaan pembangunan di masyarakat
  4. Upaya perbaikan pada sistem Perundang-undangan yang menyangkut hak-hak para buruh/pekerja

Role Model Ala SBSM

Kegiatan pariwsata pada peringatan hari buruh internasional tersebut dapat dijadikan Role Model bagi Pengurus serikat buruh atau pekerja yang lain, sebagai upaya mengurangi dampak dari banyaknya kaum buruh dan pekerja yang melaksanakan pawai atau demo dengan turun ke jalan-jalan pada pusat pemerintahan maupun ke Gedung Anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk menyampaikan orasi dalam rangka upaya perbaikan pada sistem ketenagakerjaan yang diharapkan keperpihakan kepda kaum buruh.

Role Mode Ala SBSM Mebawa dampak positif yang signifikan, antara lain:

  1. Pemusatan masa dapat terkendali
  2. Menghidari bebtrokan masa dari pihak kaum buruh terhadap pihak keamanan
  3. Sangat kecil sekali terjadinya korban jiwa akibat masa yang tidak dapat dikendalikan
  4. Mempererat talisilaturahmi antar karyawan
  5. Wisata bersama keluarga

Hasil pemantauan

Pemerintah Desa Sriwidadi selalu memantau perkembangan baik terhadap Serikat Buruh Sejahtera Mandiri ( SBSM ) maupun aktivitas dari PT. Globalindo Agung Lestari, mengingat keberadaan Pusat Manajemen PT. Globalindo Agung Lestari berada di wilayah Desa Sriwidadi, serta banyak warga Desa Sriwidadi yang bekerja sebagai karyawan pada PT.GAL, sehingga perlu dilakukan pemantauan.

Hasil pemantauan kegiatan dalam rangka peringatan hari buruh internasional ( May Day ) hari rabu. 1 Mei 2024 di tempat wisata pantai takisung berjalan dengan baik, lancar, aman dan terkendali serta tidak ada kendala yang berarti. Hal ini merupakan keberhasilan dari Serikat Buruh Sejahtera Mandiri ( SBSM ) sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk memperjuangkan hak-hak karyawan, serta sebagai sarana media fasilitator atau jembatan bagi karyawan PT. GAL.

SBSM di nilai cukup berhasil dalam menangani permasalahan baik yang menyangkut upah yang sudah sesuai dengan upah minimum regional, Jamsostek, maupun Tunjangan Hari Raya yang merupakan hak bagi seluruh karyawan , serta membantu pada proses pencairan Jaminan Hari Tua ( JHT ) bagi karyawan yang sudah mencapai usia pensiun sebagai karyawan.

Dari semua keberhasilan yang sudah dilakukan oleh Serikat Buruh Sejahtera Mandiri , m,asih ada satu hal yang mungkin menjadi PR bagi pengurus SBSM, yaitu tidak semua karyawan PT.GAL berstatus sebagai karyawan tetap, karena mayoritas karyawan masih berstatus sebagai Karyawan Harian Lepas ( KHL ), yang hak-haknya sangat berbeda dengan karyawan yang sudah berstatus KHT.

Hal ini yang harus menjadi pertimbangan bahwasanya hak-hak dari para karyawan PT. GAL seyogyanya dapat  terpenuhi sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, baik menyangkut upah minimum regional, Jamsostek, maupun Tunjangan Hari Raya serta Status sebagai karyawan tetap dapat terpenuhi.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU