Visitor

Sabtu, 31 Agustus 2024

Pelaksanaan UKT Semester II Lemkari Kapuas Tahun 2024

 Pelaksanaan UKT Semester II Lemkari Kapuas Tahun 2024

Lemkari Cabang Kapuas kembali melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat ( UKT ) Semester II Tahun 2024, yang di selenggarakan di Aula Kodim 1011/KLK Kuala Kapuas. Kegiatan ini diikuti oleh 148 Karateka ( Kohae ) dari 7 Dojo yang tersebar di beberapa Kecamatan Kabupaten Kapuas. Acara ini di buka secara resmi oleh Ketua MSH Lemkari Kapuas Sensei Mispadliansyah, yang menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas , uji kemampuan dan pembinaan para karateka Lemkari di wilayah Kabupaten Kapuas. Minggu ( 1/9/2024 )

Adapun jumlah peserta pada pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat ( UKT ) perdojo adalah sebagai berikut :

  1. Dojo Kodim sebanyak 88 peserta
  2. Dojo LKC sebanyak 23 peserta
  3. Dojo Hampatung sebanyak 5 peserta
  4. Dojo Mantangai sebanyak 8 peserta
  5. Dojo SMAN 1 kps Hilir sebanyak 15 peserta
  6. Dojo SMAN 3 Kapuas sebanyak 6 peserta
  7. Dojo SMP 3 Bataguh sebanyak 3 peserta

Pelaksanaan UKT dibagi menjadi 2 ( Dua ) sesi utama yaitu Gashuku dan Ujian Penurunan Kyu atau Kenaikan Tingkat. Sesi gashuku dimaksudkan sebagai pemanasan dan penguatan tehnik bagi para peserta sebelum mengikuti ujian. Dalam sesi ini, para karateka senior khususnya bagi yang telah menyandang Sabuk Hitam diberikan kesempatan untuk memberikan Materi Gashuku sesuai dengan tingkatan Kyu atau sabuk, sebagai bekal pembelajaran dan peningkatan kemampuan dalam memimpin serta sebagai ajang regenerasi di masa yang akan datang.

Setelah sesi Gashuku selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Ujian Penurunan Kyu atau kenaikan tingkat. Ujian ini melibatkan para peserta atau karateka dari berbagai tingkatan, mulai dari Sabuk Putih ( kyu 10 ) sampai dengan Sabuk Coklat ( kyu 3 - 1 ). Setipa peserta atau karateka diuji berdasarkan kemampuan tehnik , kekuatan fisik dan Filosofi Karateka yang terdapat dalam peragaan Kata ( Jurus ) yang telah dipelajari selama latihan di Dojo masing-masing. Sebagai Tim Penguji dalam kegiata Ujian Kenaikan Tinkat ini di Koordinir oleh Sensei Mispadliansyah Karateka DAN V yang juga merupakan Ketua Majelis Sabuk Hitam Lemkari Kapuas yang dibantu oleh Karateka Senior yang ada di Lemkari Kapuas.

Pada kesempatan tersebut Lemkari Dojo Mantangai melaksanakan kebijaksaan Ujian di Dojo yang diikuti oleh 8 ( Delapan ) peserta yang terdiri dari 2 Oby Kuning, 1 Oby Orange, 1 Oby Hijau, 2 Oby Ungu dan 2 Oby Coklat. Kebijaksaan ini diambil setelah melalui beberapa kajian terhadap situasi dan kondisi, letak geografis maupun jarak tempuh ke Aula Kodim 1011/KLK serta mempertimbangkan keberlangsungan Dojo Mantagai di masa yang akan datang. Langkah ini diambil sebagai wujud Pembinaan yang terstruktur dan saling terhubung antara DOJO Mantangai dengan Cabang Lemkari Kapuas yang telah terjalin harmonis hingga saat ini.

Dalam setiap pengambilan kebijakan di tingkat cabang, tentunya juga akan memperhatikan adanya kebijaksaan yang melekat dalam pengambilan keputusan. Seperti halnya kegiatan Ujian Kali ini selain kebijakan terpusat, juga tetap memperhatikan kebijaksanaan sebagai langkah pembinaan dan kepedulian terhadap Dojo yang menjadi Binaannya. Sinergisitas inilah yang menjadi modal uatama dalam pengembangan dan pembinaan Lemkari Kapuas agar tetap terdepan dan berkembang.

Kebijakan Pengurus Cabang Dalam Pembinaan Karateka Di Dojo

Dalam menjalankan fungsinya sebagai Lembaga Pembinaan Karateka di Kabupaten Kapuas, Pengurus Lemkari Cabang Kapuas telah menetapkan beberapa kebijakan yang mendukung dalam pengembangan para karateka di berbagai Dojo. Salah satunya kebijakan penting dalam pelaksanaan Ujian terpusat dan Ujian susulan.

Ujian terpusat dilakukan untuk memastikan standarisasi penilaian dan peningkatan mutu Karateka. Namun, Pengurus juga memahami tantangan kondisi Geografis dan perekonomian yang dihadapi oleh anggota Karateka di berbagai Dojo, terutama yang berada di luar Kota Kuala Kapuas. Oleh karena itu, ujian susulan atau Ujian Mandiri Dojo diberikan sebagai alternative bagi mereka yang tidak dapat mengikuti ujian terpusat dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jarak tempuh, kondisi geografis serta kondisi perekonomian masing-masing anggota Dojo.

Capaian Dalam Pembinaan Lemkari Cabang Kapuas

Capaian Lemkari Cabang Kapuas dalam pembinaan Karateka dapat dilihat dari hasil pelaksanaan UKT maupun dari hasil pelaksanaan kegiatan turnamen yang diikuti oleh para karateka yang cukup stabil di setiap tahunnya. Keberhasilan ini menunjukan bahwa program pembinaan yang diterapkan telah berjalan dengan baik dan konsisten. Para karateka menunjukan peningkatan yang signifikan dalam tehnik, Kedisiplinan dan semangat dalam mengikuti ujian maupun dalam pertandingan, yang semuanya merupakan hasil dari kebijakan dan program kerja para Pengurus dan Pelatih yang terstruktur.

Kesimpulan

Pelaksanaan UKT Semester II Lemkari Kapuas Tahun 2024, berjalan dengan lancar dan sukses, dengan melibatkan 148 peserta Karateka yang antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Kebijakan Pengurus Lemkari Cabang Kapuas dalam mendukung pembinaan Karateka, terutama dalam hal ujian terpusat dan susulan, terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas Karateka di berbagai Dojo. Dengan capaian yang sangat stabil di setiap Semesternya, Lemkari Cabang Kapuas terus berkomitmen untuk menjadi wadah pembinaan Karateka yang berprestasi dan berintegritas di Kabupaten Kapuas.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU