Visitor

Selasa, 27 Agustus 2024

Perpustakaan Desa Sriwidadi Terima Bantuan 1.000 Buku Dari Perpusnas

 Perpustakaan Desa Sriwidadi Terima Bantuan 1.000 Buku Dari Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, salurkan bantuan 1000 Buku kepada Perpustakaan Lentera Ilmu yang berlokasi di Desa Sriwidadi Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Bantuan ini merupakan bagian dari program Nasional untuk mendukung pengembangan Literasi Pendidikan di Tingkat Desa, serta memperkuat akses masyarakat terhadap sumber daya informasi dan pengetahuan, Sriwidadi, Selasa ( 27/8/2024 ).

Maksud Dan Tujuan

Penyaluran bantuan 1000 Buku ini bertujuan untuk memperkaya koleksi buku di Perpustakaan Lentera Ilmu yang sebelumnya telah menerima hal serupa, sehingga Perpustakaan Lentera Ilmu telah memiliki Koleksi Buku sekitar 2.500 judul. Keberadaan jumlah koleksi buku yang semakin meningkat ini, sehingga mampu menyediakan berbagai bacaan yang berkualitas dan relevan bagi masyarakat desa khususnya bagi anak-anak dan remaja. Koleksi buku yang diterima mencakup berbagai katagori, mulai buku-buku pendidikan, sastra hingga buku Dongeng untuk Anaka-anak , yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bacaan untuk semua kalangan, khususnya anak-anak dan remaja.

Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan budaya Literasi di Desa Sriwidadi. Dengan adanya tambahan koleksi buku ini, diharapkan masyarakat terutama generasi muda dapat lebih mudah mengakses informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi perkembangan diri mereka melalui ruang baca yang telah di sediakan oleh Perpustakaan Lentera Ilmu Desa Sriwidadi.

Harapan Perpusnas Untuk Desa Sriwidadi

Perpustakaan Nasional memilki harapan besar agar Desa Sriwidadi menjadi salah satu desa yang maju dalam hal Literasi dan Pendidikan. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, Perpustakaan Lentera Ilmu dapat menjadi Pusat Literasi dan edukasi yang aktif ditengah masyarakat. Perpustakaan Nasional juga berharap agar Desa Sriwidadi dapat mengembangkan Program-Program Literasi yang kreatif dan inovatif, serta mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Optimalisasi Pengelolaan Perpustakaan Lentera Ilmu

Untuk mencapai tujuan tersebut, optimalisasi pengelolaan Perpustakaan Lentera Ilmu menjadi sangat penting. Pihak pengelola Perpustakaan diharapkan dapat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan seperti pengaturan koleksi buku yang lebih baik, peningkatan fasilitas Perpustakaan serta penyelenggaraan kegiatan Literasi yang menarik dan edukatif.

Selain itu, diperlukan juga pelatihan bagi pengelola Perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi dalam mengelola dan mempromosikan Perpustakaan Desa. Dengan manajemen yang baik, Perpustakaan Lentera Ilmu dapat menjadi tempat yang nyaman dan menarik bagi masyarakat untuk belajar dan membaca.

Manfaat Perpustakaan Sebagai Edukasi Dan Ruang Baca Bagi Masyarakat

Perpustakaan Lentera Ilmu diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Desa Sriwidadi, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Perpustakaan ini dapat menjadi ruang baca yang nyaman dan edukatif, tempat dimana anak-anak dan remaja dapat mengembangkan minat dan bakat mereka melalui bacaan yang tersedia.

Selain itu, Perpustakaan ini juga dapat berfungsi sebagai sarana edukasi informasi, dimana masyarakat dapat mempelajari berbagai hal baru yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti keterampilan praktis , pengetahuan umum dan informasi kesehatan.

Program Berkelanjutan Untuk Perpustakaan Desa

Agar manfaat Perpustakaan dapat dirasakan secara berkelanjutan, Perpustakaan Nasioanal mencanangkan program-program jangka panjang yang akan terus mendukung pengembangan Perpustakaan dIdesa-Desa yaitu Program Satu Desa Satu Perpustakaan. Progran tersebut juga mencakup pengiriman bantuan buku secara berkala, pelatihan bagi pengelola Perpustakaan serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan kegiatan Literasi yang berkualitas.

Perpustakaan Lentera Ilmu Di Desa Sriwidadi juga diharapkan dapat menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah dan komunitas setempat untuk memperluas jangkauan program Literasi, sehingga semakin banyak masyarakat yang terlibat dan mendapatkan manfaat.

Kesimpulan

Bantuan 1.000 buku dari Perpustakaan Lentera Ilmu Desa Sriwidadi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan Literasi dan Pendidikan di Tingkat Desa. Dengan optimalisasi Pengelolaan Perpustakaan dan dukungan program berkelanjutan, diharapkan Perpustakaan Lentera Ilmu dapat menjadi Pusat Edukasi dan Ruang Baca yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja, dalam upaya membangun masyarakat Desa yang cerdas dan berdaya saing tinggi.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU