Visitor

Minggu, 08 September 2024

Jum'at Sehat ; Wujudkan Masyarakat Desa Sehat

 Jum’at Sehat ; Wujudkan  Masyarakat Desa Sehat

Kesehatan merupakn aspek fundamental dalam pembangunan sebuah Desa. Desa yang memilki sumber daya manusia yang sehat akan lebih produktif dan mampu berpartisifasi aktif dalam pembangunan. Desa Sriwidadi melalui Pj. Kepala Desa Sriwidadi berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat melalui kegiatan Jum’at Sehat, yang rutin dilakukan sekali dalam seminggu. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh Pemerintah Desa saja, tetapi juga melibatkan kelembagaan yang ada di Desa Sriwidadi serta masyarakat umum pun sangat dianjurkan dapat berpartisipasi. Keterlibatan Pemerintah Desa , Badan Permusyawaratan Desa, Posyandu, RT maupun masyarakat , sebagai wujud nyata sinergi antara Pemerintah Desa, Lembaga Desa dan masyarakat dalam menjaga kesehatan bersama, Jum’at ( 6/9/2024 )

Motivasi Terhadap Sumber Daya Yang Sehat

Motifasi Kegiatan Jum’at Sehat merupakan komitmen dari Pj. Kepala Desa Sriwidadi , untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan sebagai bagian dari upaya pembangunan desa yang berkelanjutan, yang dimulai dari Pemerintah Desa, BPD, Posyandu dan tenaga kesehatan . Pemerintah Desa Sriwidadi percaya bahwa sumber daya manusia yang sehat adalah kunci keberhasilan dalam mewujudkan Desa Mandiri dan sejahtera.

Dengan sumber daya yang sehat , baik fisik maupun mental, masyarakat dapat berpartisipasi lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan desa dan mengembangkan potensi ekonomi serta sosial . Hal ini juga memotifasi Pemerintah Desa untuk tidak hanya mengatur , tetapi juga turun langsung bersama masyarakat dalam menjaga kesehatan bersama.

Maksud Dan Tujuan

Program Jum’at Sehat bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin terutama senam pada pagi hari. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk:

1. Meningkatkan Kualitas kesehatan masyarakat Desa Sriwidadi melalui kegiatan preventif dan promotif.

2. Membangun kebersamaan antara Pemerintah Desa, BPD, Kader Posyandu dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

3. Mengurangi resiko penyakit tidak menular seperti hipertensi dan penyakit jantung melalui gaya hidup sehat.

4. Mempererat tali silahturahmi antar warga dengan melakukan aktivitas senam bersama.

Kegiatan Senam Pagi Setiap Hari Jum’at

Salah satu kegiatan rutin program Jum’at Sehat adalah Senam Pagi yang akan dilaksanakan setiap hari Jum’at di lingkungan Kantor Desa Sriwidadi. Senam pagi ini di ikuti oleh berbagai elemen masyarakat termasuk Perangkat Desa , BPD, Posyandu , Petugas Kesehatan Desa dan masyarakat. Senam pagi ini berlangsung selama 60 menit dengan gerakan-gerakan yang variatif, dipandu langsung oleh instuktur Pj. Kepala Desa Sriwidadi. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan menjaga kebugaran tubuh, tetapi juga membangun semangat kebersamaan dan kerja sama antar warga. Partisipasi aktif Pemerintah Desa dalam kegiatan Senam Pagi juga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk ikut serta.

Kunjungan Pemeriksaan Kesehatan Lansia

Setelah kegiatan senam pagi, program jum’at sehat dilanjutkan dengan kunjungan pemeriksaan kesehatan lansia oleh Pj. Kepala Desa Sriwidadi yang juga merupakan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Mantangai dan di dampingi oleh Petugas Kesehatan Desa. Pemeriksaan ini meliputi pengecekan tekanan darah, kadar gula darah serta konsultasi kesehatan umum.

Lansia merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit kronis, sehingga pemeriksaan rutin ini sangat penting untuk mendeteksi dini kondisi kesehatan para lansia. Pj Kepala desa Sriwidadi Dan Petugas Kesehatan Desa juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga pola makan sehat, aktivitas fisik yang sesuai, serta konsumsi obat-obatan yang direkomendasikan secara teratur bagi para lansia yang memilki penyakit tertentu.

Cikal-Bakal Kampung KB

Kegiatan Jum’at Sehat merupakan langkah awal untuk mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas ( Kampung KB ). Kampung KB dibentuk sebagai bagian dari upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga melalui program-program yang terintegrasi dalam berbagai bidang , mulai dari kesehatan, pendidikan hingga ekonomi.

Kegiatan Jum’at Sehat merupakan inisiatif dari Pj. Kepala Desa Sriwidadi untuk dapat dilaksanakan sebagai program berkelanjutan yang melibatkan berbagai pihak terutama para kader Posyandu dalam rangka penanganan Stunting Slaka Desa. Kampung KB biasanya merupakan sebuah program yang difokuskan pada beberapa desa sebagai lokus atau percontohan. Dalam pelaksanaan pembentukan Kampung KB akan melibatkan banyak pihak terutama PLKB, Pendamping Desa serta BKKBN Kabupaten sebagai nara sumber dan yang berkepentingan dalam menentukan kreteria serta paparan konsep Kampung KB sebagai mana diamanatkan oleh undang-undang.

Dampak Terhadap Masyarakat Dan Skor Indeks Desa Membangun

Pelaksanaan kegiatab jum’at sehat di Desa Sriwidadi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas hidup. Lalu apasih dampaknya terhadap Indeks Desa Membangun ( IDM 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU