Visitor

Rabu, 04 September 2024

Kampung KB, Mewujudkan Keluarga Betkualitas

Kampung KB, Mewujudkan Keluarga Berkualitas

Kampung KB adalah sebuah program Nasional yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat Desa melalui Program Keluarga Berencana ( KB ) yang terpadu dan komprehensif. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam perencanaan keluarga, kesehatan reproduksi serta peningkatan kesejahteraan keluarga. Kampung KB bukan hanya sekedar program pengendalian jumlah penduduk, akan tetapi juga melibatkan berbagai aspek seperti Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan Ekonomi untuk menciptakan keluarga yang berkualitas, Selasa ( 3/9/2024 )

Kampung KB memiliki pengertian salah satu upaya penguatan program kependudukan , keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas di wilayah minimal setingkat Dusun atau Rukun Tetangga.

Namun sejak terbitnya Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 , tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, istilah penggunaan Kampung KB mengalami perubahan yang dulunya memiliki makna Kampung Keluarga Berencana menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. Pergeseran pengertian , maksud dan tujuan Kampung KB ini di pertegas kembali dengan keluarnya Peraturan Bupati Kapuas Nomor 3 Tahun 2024 tentang Pengembangan Kampung Keluarga Berkualitas menjadi landasan hukum dalam perencanaan , pembentukam dan pengembangan Kampun KB di wilayah Kabupaten Kapuas.

Tujuan Dan Fungsi Kampung KB

Tujuan dari Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui Kampung KB dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Memperkuat program keluarga Berencana di wilayah perdesaan yang memiliki akses terbatas terhadap layanan kesehatan dan informasi . Kampung KB juga berfungsi sebagai model percontohan dalam pelaksanaan program Keluarga Berkualitas atuapun Keluarga Berencana yang komprehensif dengan pendekatan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat, Adapun tujuan Kampun KB secara spesifik antara lain:

1. Meningkatkan Kualitas Hidup; Melalui program Kampung KB ini diharapkan dapat memiliki perencanaan yang matang dalam meningkatkan kualitas hidup termasuk dalam hal jumlah anak, kesehatan Ibu dan Anak serta peningkatan ekonomi keluarga.

2. Meningkatkan Akses Terhadap Layanan Kesehatan; Kampung KB berfungsi untuk memastikan bahwa setiap keluarga di wilayah Desa memiliki akses terhadap layanan kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga.

3. Pemberdayaan Masyarakat; Dengan adanya Kampung KB masyarakat diharapkan lebih aktif dalam kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Sasaran Kampung KB

Dalam pelaksanaan Program Kampung KB di suatu desa tentunya terlebih dahulu melalui hasil evaluasi dari tim tingkat kabupaten/kota terkait kelayakan program Kampung KB yang memenuhi beberapa kreteria wilayah prioritas tersebut dibawah ini, antara lain :

1. Kumuh/ Kawasan miskin

2. Tertinggal/terpencil/perbatasan

3. Pesisir/Nelayan

4. Padat Penduduk

5. Daerah Aliran Sungai ( DAS )

6. Bantaran rel kereta api

7. Kawasan industry; dan

8. Kawasan wisata

Disamping kreteria prioritas tersebut diatas terdapat pula kreteria khusus dalam pelaksanaan Kampung KB meliputi:

1. Data dan peta keluarga : Setiap Rukun Tetangga /Rukun Warga harus memiliki data dan peta keluarga;

2. Kepesertaan KB; Peserta KB aktif dan metode kontrasepsi jangka panjang ( MKJP ) lebih rendah dari capaian rata-rata tingkat desa/ kelurahan serta tingkat unmet need lebih tinggi tingkat desa/kelurahan

3. Kreteria kependudukan ; Angka antisipasi penduduk usia sekolah rendah.

4. Program 8 Fungsi keluarga; Meningkatkan ketahanan keluarga melalui program 8 Fungsi keluarga ( Keagamaan, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi dan Pembina Lingkungan )

5. Pemberdayaan Keluarga; Meningkatkan pemberdayaan keluarga melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera ( UPPKS )

6. Kesehatan Masyarakat; Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

7. Pencegahan KDRT; Menurunkan angka kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT )

8. Pendidikan; Meningkatkan Rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah

9. Perkawinan usia anak; Menurunkan angka perkawinan dibawah umur dan

10. Dalam kreteria khusus, Kampung KB juga membutuhkan intervensi lintas sektor untuk memenuhi standar sebagai Kampung Berkualitas.

Peran Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Kampung KB

Pemerintah Desa memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan Kampung KB, terutama dalam pelaksanaan Integrasi Program, mendorong partisipsi masyarakat, ketersediaan terhadap fasilitas layanan kesehatan serta dalan rangka Monitoring dan Evaluasi Program Kampung KB, serta dukungan alokasi anggaran untuk mendukung program-program Kampung KB. Pemerintah Desa dapat berperan sebagai fasilitator dalam koordinasi antara pihak BKKBN, Puskesmas dan lembaga kemasyarakatan desa . Pemerintah Desa juga berperan dalam merekrut dan memberdayakan kader-kader yang bertugas untuk menyosialisasikan dan mengimplementasikan program Kampung KB di tingkat RT/RW. Masyarakat dapat memanfaatkan Program Kampung KB sebagai edukasi dan Penyuluhan dalam penyebaran informasi terkait Keluarga Berencana maupun Keluarga Berkualitas.

Manfaat Kampung KB

Dukungan dari pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten serta komitmen Kepala Desa, partisipasi masyrakat dan sumber daya dapat meningkatkan dan optimalisasi Kampung KB , sehingga dapat memberikan manfaat, baik bagi individu, keluarga maupun masyarakat. Beberapa manfaat dalam pelaksanaan Kampung KB antara lain:

1. Pengendalian pertumbuhan penduduk

2. Peningkatan kesejahteraan keluarga

3. Kesehatan Ibu dan Anak

4. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia

Kesimpulan

Kampung KB adalah upaya strategis yang dilakukan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui Program Kampung KB yang terpadu dan komprehensif. Dengan dukungan Pemerintah Desa, partisipasi aktif masyarakat dan ketersediaan Sumber Daya yang memadai, guna mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkualitas. Melalui Kampung KB, pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan, kesehatan ibu dan anak lebih terjamin serta kesejahteraan masyarakat desa meningkat secara keseluruhan serta terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dan berkualitas di tingkat Desa.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU