Visitor

Senin, 01 Januari 2024

PLATFORM WEBSITE DESA

 

PLATFORM WEBSITE DESA 


Menyambut tahun 2024 sebagai momentum untuk memulai sesuatu yang baru dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Masyarakat di sejumlah desa menyambut tahun baru dengan berbagai kegiatan sesuai dengan tradisi yang berkembang di suatu desa. Semangat dan harapan menjadi tumpuan dan do’a untuk menumbuhkan spirit menyongsong hari depan lebih baik lagi. Tahun 2024 merupakan perwujudan tahun naga kayu yang akan membawa perubahan positif bagi masyarakat desa. Tahun baru sangat identiK dengan kembang api, panggung hiburan rakyat, berkumpul dengan sanak saudara, teman maupun keluarga semua itu dilakukan untuk menyambut tahun baru serta wujud sukur atas semua yang telah dilalui di tahun sebelumnya.

Pesta kembang api yang meriah, acara keluarga dan teman-teman, harus kita jadikan suatu momentum untuk bekerja lebih giat lagi, berkarya sesuai dengan bidang kemampuan yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan yang di inginkan. Tahun 2024 juga menjadi tantangan bagi pemerintah desa untuk melakukan perubahan dan perbaikan kinerja agar mampu menjawab tantangan digitalisasi desa. Pemerintah desa harus tanggap terhadap perkembangan teknologi komunikasi dan informasi agar tidak ketinggalan jaman yang dengan sangat cepat berubah dalam transpormasi digital.

Kemudian apa hubungannya dengan website desa ?, tentu ada, sebab disamping akan menjadi trending topik di ruang lingkup pemerintahan desa juga akan menjadi momentum bahwa domain Simsa .id mampu bersaing dengan jenis domain lainnya, hal ini dapat kita buktikan dari beberapa artikel kita sudah mampu bersaing di mesin penelusuran Google. Ini merupakan kabar baik bagi kita sebagai pengelola website desa yang suka membuat artikel desa untuk di upload pada mesim penelusuran  Google yang merupakan situs media sosial paling banyak dikunjungi masyarakat.

Tahun 2024 merupakan kabar gembira bagi pengelola website desa khususnya bagi yang menggunakan domain Simsa.id, karena dari pihak manajemen penyedia hosting dan domain telah melakukan perbaikan dan peningkatan pada server hosting, domain dan  fitur sehingga pada saat ini website desa sangat mudah untuk di akses di bandingkan dengan website sebelumnya , terutama bagi desa yang lebih duluan mengikuti bimbingan teknis terkait pengelolaan website desa. Kemudahan akses pada website desa tidak serta merta, semua pengelola tentunya harus mengetahui bagaimana cara kerja website desa agar mudah diakses oleh masyarakat, memerlukan tahapan tertentu dalam meningkatkan performa website desa agar memiliki daya saing .

Dalam mengembangkan website desa sangat tergantung pada tujuan yang akan di capai, ada yang hanya sebatas online saja tanpa berbuat sesuatu, ada juga yang sebatas cukup melayani administrasi desanya serta ada juga yang bertujuan unntuk mengembangkan bakat dan berbagi informasi serta wawasan dengan cara memaksimalkan dalam penulisan artikel tentang pemerintahan desa maupun yang bersifat pengetahuan umum. Ada tiga factor yang dapat mempengaruhi berkenjutan sebuah website desa:

  1.       Dukungan dari pemangku kebijakan dalam ruang lingkup pemerintahan desa untuk pengadaan sarana dan prasarana pendukung dan penganggaran
  2.       Adanya pengelola website desa yang siap untuk mengembangkan sistem informasi desa dalam rangka pelayanan dan trasparansi public
  3.        Rekanan penyedia layanan hosting dan domain desa untuk menjadi mitra kerja bagi pemerintah desa dalam pembinaan, bimbingan teknis dan maintanece website desa

Ketiga faktor tesebut saling terikat dan terhubung sehingga pengelolaan dan pengembangan website desa pada tahun 2024 di samping menjadi top trending di level desa juga akan memiliki daya saing. Agar website desa memilki performa baik dan daya saing, setidaknya pengelola website desa melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1.         Melakukan inputan data penduduk dan data lainya
  2.         Sebisa mungkin mengupload kegiatan desa
  3.        Berusaha menulis artikel desa maupun artikel umum untuk di upload secara rutin dan berkala
  4.         Setidaknya sudah memiliki akun Google Search Console
  5.        Secara rutin melakukan pengindeksan pada Google Search Console
  6.       Memaksimalkan komunitas untuk mengharapkan mendapat kunjungan pada website nya
  7.       Sering melakukn simulasi penelusuran terkait performa dan artikel pada situs google

Dari beberapa literasi yang di tulis di media digital bawha keadaan dan kondisi suatu desa dapat di ketahui melalui website desa baik dari segi kegiatan pembangunan, pelayanan administrasi desa, transparansi anggaran maupun sumber daya manusia yang di miliki pemerintah desa tersebut. Masyarakat pada umumnya yang berada jauh di luar desa akan mengunjungi website desa untuk mengetahui perkembangan suatu desa, begitu sebaliknya bagi pemerintah desa agar tingkat kemajuan dalam pembangunan maupun Dalam pelayanan kepada masyarakat di ketahui oleh masyarakat luar yaitu dengan mengoptimalkan website desa dalam mengupload kegiatan desa, Info desa maupun melalui artikel desa sebagai wujud dari tingkat dan kemampuan  sumber daya manusia yang baik.

Dalam mengoptimalkan website desa selain di tunjang dengan sumber daya manusia yang baik juga perlu banyak belajar dari hal-hal yang kecil hingga ke yang besar, perlu motifasi dari rekan kerja maupun pimpinan untuk menghasilkan sebuah karya yang siap untuk bersaing dalam kancah yang lebih menantang yaitu pada media informasi digital yaitu pada situs Google maupun situs lainnya. Melalui akun Google Search Console kita dapat melihat dan memantau perkembangan melalui grafik yang ditampilkan dan juga melalui angka-angka statistik .

Pergantian tahun sekarang ini kita jadikan momentum untuk introspeksi diri, merenungkan kembali hal-hal yang tadinya merupakan kendala dan hambatan serta kekilafan dalam mengelola website desa, saatnya kita sambut tahun baru 2024 sebagai suatu perubahan positif untuk meningkatkan dan mengembangkan website desa agar lebih baik lagi serta berguna bagi pemerintah desa dalam rangka penyelengaraan pemerintahan desa, pembangunan desa serta pelaksanaan kegiatan lainnya, Goodbye 2023, Thank You For Everything And We Are Ready To   Welcome 2024, Happy New Year To Us.

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU