Visitor

Minggu, 28 April 2024

Profil Desa Mekar Sekuntum Kecamatan Tebas

 

PROFIL DESA MEKAR SEKUNTUM KECAMATAN TEBAS

 

Pembentukan Desa Mekar Sekuntum

Desa Mekar Sekuntum merupakan satu dari dua puluh tiga desa yang berada di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas memiliki sejarah panjang dalam pembentukanya, dulunya desa ini terdiri dari dua wilayah yakni Tumpak Perapakan dan Senturang .Sejarah singkat Desa Mekar Sekuntum dibentuk pada tahun 1988, dua wilayah Tumpak Perapakan Dan Senturang tergabung menjadi wilayah utuh yang dinamakan desa mekar sekuntum . Desa Mekar Sekuntum terletak di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat, memiliki semboyan atau Motto ““ Peluang Dan Tantangan Desa Dalam Mewujudkan Kemandirian Desa Yang Berkelanjutan “  serta dengan Visi “ Terwujudnya Desa Mekar Sekuntum Yang Aman, Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berbudaya, Dan Berakhlak Mulia “Desa Mekar Sekuntum terdiri dari 3 Dusun yaitu Dusun Cempaka, Dusun Mawar Dan Dusun Melur, 6 Rukun Warga( RW ) dan 12 Rukun Tetangga ( RT )

Geografis

Mekar Sekuntum merupakan sebuah Desa yang terletak di wilayah kecamatan Tebas kabupaten Sambas provinsi Kalimantan Barat. Desa Mekar Sekuntum terdiri dari 3 Dusun yaitu Dusun Cempaka, Dusun Mawar Dan Dusun Melur, dengan kontur wilayah yang datar dan bergelombang serta berada pada dataran tinggi pada ketinggian rata-rata 28 meter diatas permukaan air laut ( mdpal ), beriklim hujan tropis tipe A , dengan curah hujan antara 43,6 mm sampai dengan 356,2 mm per tahun sehingga mengalami dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau dengan kelembapan antara 52 % sampai 96 % dengan suju udara antara 23,30 derajat celcius sampai dengan 32,30 de                                         

Baca juga artikel: Profil Desa Serdang, klik disini

Batas wilayah

Desa Mekar Sekuntum memiliki luas wilayah 6,5762 KM 2 / 657,62 Ha ( 1,99 % dari luas kecamatan Tebas ) dengan jumlah penduduk 2.909 ( 2022 ) kepadatan penduduk 442,7 Jiwa/KM2 ( Tahun 2022 )Berbatasan Dengan:

·         Sebelah Utara Dengan            : Desa Tebas Kuala dan Tebas Sungai

·         Sebelah Timur Dengan           : Desa Pangkalan Kongsi

·         Sebelah Selatan Dengan         : Desa Serumpun Buluh dan Mensere

·         Sebelah Barat Dengan            : Desa Sungai Sambas Besar

Demografi

Desa Mekar Sekuntum memiliki jumlah penduduk 2.909 dengan pupolasi penduduk sebesar 5 % pada tahun 2022, sedangkan distribusi penduduk desa Mekar sekuntum mencakup wilayah tempat pemukiman sangat berhubungan dengan persentase penduduk perwilayah yang dipengaruhi oleh tipe bentang alam atau kontur wilayah yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk serta pusat perekonomian . Keadaan demografi desa juga mempengaruhi kadaan sosial budaya yang ada di desa Mekar Sekuntum yang dapat berimbas pada kesenjangan sosial. Demogarfi desa juga sangat kerkaitan erat dengan kependudukan suatu desa, laju pertumbuhan dan kepadatan penduduk.                                                                               

Baca juga artikel: Selayang Pandang Kabupaten Kapuas, klik disini

Statistik Penduduk

No

Uraean

Jumlah Penduduk ( Jiwa )

Keterangan

1.       

Jumlah Penduduk

2.909

 

2.       

Jumlah Penduduk Laki-Laki

1499

 

3.       

Jumlah Penduduk Perempuan

1410

 

Mata Pencaharian

No

Jenis Mata Pencaharian

Pertsentase

Keterangan

1.

Sektor Pertanian ( Padi )

.... %

 

2.

Sektor Perkebunan ( Jeruk )

…. %

 

3.

Sektor Lainnya

…. %

 

Sosial dan Budaya

Masyarakat Desa Mekar Sekuntum sangat majemuk terdiri dari berbagai suku dan agama, memiliki sikap toleransi sangat baik sehingga dapat hidup rukun dan damai mudah beradaptasi dengan keadaan sosial budayaa yang beragam. Penduduk Mekar Sekuntum terdapat beragam suku dan agama. Mayoritas penduduk Desa Mekar Sekuntum beragama Islam ada juga yang beragama kristen dan Budha . Dari keragaman suku dan budaya serta Agama tersebut berkembanglah Kesenian dan Toleransi Umat Beragama yang terjaga dengan baik

Baca juga artikel: Sejarah Desa Sriwidadi, klik disini

 Pendidikan Dan Kesehatan

Dibidang pendidikan desa Mekar Sekuntum  terdapat 2 lembaga pendidikan anak usia dini ( PAUD )  , 1 lembaga pendidikan taman kanak-kanak Swasta ( TK ), 2 Pendidikan jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN), 1 Sekolah Dasar Swasta, 1 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ( SLTP ) Swasta, Jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Swasta, . Sedangkan sarana pendidikan non formal terdapat lemabga pendidikan Taman Pendidikan Alqu’an. Selain di bidang pendidikan desa Mekar Sekuntum juga memliki fasilitas kesehatan meliputi 1 pustu, 3 Posyandu dan 1 Polindes serat terdapat 4 Masjid, 1 Mushola, 1 Gereja, 2 Kelenteng, 1 Toga, 1 Gedung Bumdesa, 1 Gedung Olah Raga                                 

Pembangunan

Untuk pembangunan fisik dan non fisik sebagian besar didanai dari dana desa ( DD ) dan sebagian kecil dari Alokasi Dana Desa ( ADD ), selain dari DD dan ADD Desa Mekar Sekuntum juga memmanfaatkan PAD ( Pendapatan Asli Desa ) yang bersumber dari bagi hasil usaha BUMDesa dan Dana Bantuan Dari Provinsi maupun Dari Pusat . Melalui Anggaran Pendapat Dan Belanja Desa ( APBDES ) di gunakan untuk pembangunan infrastruktur Desa maupun untuk peningkatan kapasitas pemerintah desa maupun program pemberdayaan masyarakat desa serta kegiatan lainnya.

Baca juga artikel: Role Model Desa , klik disini

Fasilitas

Desa Mekar Sekuntum saat ini sudah menjadi Desa definitif sehingga sudah memiliki sistem pemerintahan desa yang baik,  dengan Nilai Skors IKS 0,8171, IKE 0,800, IKL 0,9333 dengan nilai IDM 2022 yaitu 0,8502  dengan status IDM desa Mandiri, dengan berbagai fasilitas yang di miliki di antaranya Kantor Desa sebagai pusat pemerintahan, pelayanan masyarakat, balai desa untuk rauang petemuan , balai posyandu untuk tempat kegiatan pelayanan balita, fasilitas pendidikan mulai dari paud sampai jenjang SLTA, fasilitas tempat ibadah , bumdes, serta fasilitas lainya.

Data Lembaga – Lembaga Desa

No

Nama Lembaga Desa

1.

BPD

2.

PKK

3.

LPM

4.

RT/RW

5.

Karang Taruna

6

Kelompok Tani

7.

Kader Pembangunan Manusia

8.

Kelompok Wanita

9.

Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa

10.

BUMDesa

Potensi Unggulan Desa Mekar Sekuntum

No

Nama Potensi Unggulan Desa

Luas ( Ha )

Keterangan

1.       

Jeruk

 

 

2.       

Padi

-

 

 

Prestasi Desa Mekar Sekuntum

1.      Juara 1 lomba Desa Tingkat Kecamatan Tebas  tahun 2016

2.      Juara 3 lomba Desa Tingkat Kabupaten Sambas tahun 2016

Website Desa Mekar Sekuntum

Desa Mekar Sekuntum mengalami kemajuan yang cukup pesat di berbagai bidang, baik secara ekonomi, sosial budaya hingga ke sistem pemerintahan desa . Perkembangan tersebut semakin nyata dengan hadirnya Website Desa Mekar Sekuntum yang sudah online sehingga dapat di akses oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi dan  transparansi penyelenggaraan pemerintahan desa Mekar Sekuntum serta dalam rangka pelayanan publik secara online. Masyarakat Desa Mekar Sekuntum dapat mengunjungi website resmi desa Mekar Sekuntum di Https://Mekarsekuntum.desa.id dan https://dsmekarsekuntum.wordpress.com

Demikian data profi  desa Mekar Sekuntum ini dapat disusun secara sistematis merupakan gambaran umum Tentang desa Mekar Sekuntum, Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas , Kalimatan Barat.

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU