Visitor

Selasa, 07 Mei 2024

Kunjungan manggala Agni Kapuas ke Desa Sriwidadi

 Kunjungan Manggala Agni Kapuas Ke Desa Sriwidadi       

Sriwidadi, Senin 6 Mei 2024; Anggota Manggla Agni Kabupaten Kapuas pada hari senin melakukan kunjungan kerja ke Desa Sriwidadi dalam rangka monitoring, pemantauan dan Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutlah) di wilayah Desa Sriwidadi, Sumber Makmur dan Sidomulyo serta pada areal wilayah perkebunan Kelapa Sawit PT. Globalindo Agung Lestari baik yang berada di lahan inti maupun plasma.

Setibanya di Kantor Desa Sriwidadi, seluruh anggota Manggala Agni dibawah koordinator Bapak Hasanudin diterima oleh Kepala Desa Sriwidadi Bapak Riswan Saputra, S.Kep. Pada kesempatan tesebut dilakukan diskusi perkembangan situasi dan kondisi terkait kesiapsiagaan Pemerintah Desa Sriwidadi dalam Mitigasi bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutlah ) khususnya di wilayah Desa Sriwidadi dan sekitarnya.

Diskusi mitigasi bencana Karhutlah semakin hanyat terkait refviu penanganan bencana Karhutlah pada tahun sebelunnya sebagai pembelajaran dan menjadi perhatian oleh semua pihak baik bagi Pemerintah Desa , MPA, masyarakat Desa Sriwidadi dan sekitarnya, serta perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit milik PT. Globalindo Agung Lestari , merupakan satu kesatuan tidak dapat dipisaahkan dalam penangan Mitigasi Bencana maupun dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, baik lahan milik masyarkat maupun milik perusahan perkebunan kelapa sawit,

Anggota Manggala Agni melalui Bapak Hasanudin menanyakan fasilitas perlengkapan Karhutlah yang dimiliki Pemerintah Desa Sriwidadi, baik armada Tosa, Mesin Pemadam beserta kelengkapannya sampai pada penganggaran dalam bidang Penanggulangan Becana. Hal ini sangat penting bagi Manggala Agni untuk mengevaluasi dalam persiapan pencegahan atau Mitigasi bencana Kebaran Hutan Dan Lahan ( Karhutlah ) menjelang musim kemarau pada tahun 2024 .

Pada tahun anggaran 2023 Pemerintah Desa Sriwidadi telah menganggarkan untuk pengadaaan satu set mesin pompa dan pebaikan Tosa untuk persiapan menghadapi keadaan darurat bencana terutama bencana kebaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun 2024 sekarang ini. Kesiapsiagaan dalam mitigasi bencana Karhutlah merupakan upaya yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Desa Sriwidadi, selain penganggaran operasional Damkar juga akan memasang baleho pada tempat-tempat strategis sebagai himbauan kepada masyarakat terhadap larangan membakar hutan dan lahan berserta dampak yang ditimbulkan dan informasi mengenai sanksi pidana maupun denda terhadaap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Manggala Agni melalui Bapak Hasanudin sangat mengapresiasi kesiapan Pemerintah Desa Sriwidadi dalam Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutlah ) baik dalam menyediaan armada tosa yang siap stanby maupun dalam penganggaran serta sudah terbentuknya Masyarakat Peduli Api ( MPA ) di Desa Sriwidadi. Begitu juga sebaliknya Pemerintah desa Sriwidadi juga mengapresiasi atas kunjungan Rombongan Manggala Agni Kapuas ke Desa Sriwidadi, karena baru pertama kalinya pihak Manggala Agni berkunjung ke Desa Sriwidadi, untuk bersilahturahmi dan berkoordinasi terkait Mitigasi Bencana Karhutlah di tiga Desa yaitu:

1. Desa Sriwidadi

2. Desa Sumber makmur, dan

3. Desa Sidomulyo

Peran aktif masyarakat desa dan pihak Perusahan sangat diharapkan oleh Manggala Agni dalam Mitigasi bencana Karhutlah khususnya di Desa Sriwidadi dan sekitarnya. Manggala Agni sangat mengharapkan peran aktif dari perusahaan PT. Globalindo Agung Lestari tidak hanya sebatas dalam kegiatan pelatihan tata cara Mitigasi dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan setiap tahunnya, melainkan juga memperhatikan perlengkapan yang diperlukan pada saat terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan, baik milik masyarakat maupun milik perusahaan perkebunan kelapa sawit, yaitu berupa bantuan seperangkat alat pompa air ( Pemadam ).

Manggala Agni pada kesempatan ini akan melakukan kegiatan Mitigasi bencana di tiga desa selama 5 ( lima ) hari mulai dari hari senin sampai pada hari Jum’at , sebagai langkah awal untuk berkoordinasi dengan beberapa desa yang yang sangat berdekatan dengan aktifitas perusahaan perkebunan kelapa sawit, terutama yang dekat dengan pusat perkantoran manajemen PT. Globalindo Agung Lestari. Dalam kesempatan tersebut akan didapat sebuat sketsa atau lokasi yang di anggap cukup rawan, agar natinya dapat dilakukan monitoring dan pemantauan lebih intesif dan berkesinambungan untuk mencegah terjadinya kebakaran baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Pemerintah Desa Sriwidadi selalu menghimbau kapada masyarakat , saat terjadi kebakaran lahan milik masyarakat agar tidak ditangani sendirian pada saat pemadaman api, agar pihak pemilik lahan tersebut berkoordinasi dengan Pemerintah Desa , sehingga Pemerintah Desa dapat memberi perintah kepada anggota Damkar Desa. Perlu kita pahami bahwa dampak dari api maupun asap yang ditimbulkan mengandung Carbon Dioksida ( CO2 ) sangat berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Dampak dari kebakaran hutan dan lahan sangat merugikan bagi masyarakat maupun terhadap ekosistem atau lingkungan pada wilayah tersebut. Lingkungan ekosistem akan terganggu serta dapat mengakibatkan putusnya rantai makanan dan spesies tertentu akibat kebakaran hutan dan lahan, serta masih banyak dampak lainnya. Pemerintah pusat selalu berupaya melalui tim penanggulangan bencana karhutlah dari pusat sampai ke desa telah terbentuk untuk melaksanakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Mitigasi bencana merupaka upaya terbaik yang dapat dilakukan Pemerintah Desa Sriwidadi untuk mencegah dan upaya pengendalian dan penanggulangan bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutlah ). Kesiapsiagaan dan persiapan perlengkapan yang memadai yang dimiliki oleh semua stok holder dapat meminimalisir dampak dari kebakaran hutan dan lahan namum ada pepatah mengatakan “ Lebih baik Mencegah Dari pada Mengobati” mengadung arti bahwa biaya , tenaga, yang diperlukan untuk menanggulangi bencana tersebut beserta dampaknya lebih besar dari pada biaya dan tenaga untuk kegiataan pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutlah ).


0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU