Visitor

Jumat, 16 Agustus 2024

Malam Renungan HUT RI Ke-79 Desa Sriwidadi

 Malam Renungan HUT RI Ke-79 Desa Sriwidadi

Latar Belakang

Pelaksanaan malam renungan dalam rangka HUT RI Ke-79 , merupakan suatu tradisi yang telah berlangsung dari dulu hingga sekarang, di berbagai wilyah Desa terutama untuk Desa Sriwidadi Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, juga ikut melaksanakan kegiatan Malam Renungan. Malam Renungan ini bukan hanya sekedar momen seremonial, akan tetapi juga di manfaatkan bagi warga Desa Sriwidadi untuk merenungi kembali nilai-nilai perjuangan, pengorbanan dan kemerdekaan yang telah di raih dengan susah payah.

Dalam rangka menyambut HUT RI Ke-79 Panitia Penyelenggara kegiatan Agustusan Desa Sriwidadi bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sriwidadi menggelar Malam Renungan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan dan upaya untuk menanamkan semangat kebangsaan pada generasi muda, bertempat di Balai Desa Sriwidadi Sabtu, yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Desa Sriwidadi , tokoh masyarakat, lembaga Desa dan Pemerintah Desa Sriwidadi, Jum'at ( 16/8/2024 )

Pengertian

Malam renungan HUT RI adalah kegiatan peringatan yang diadakan pada malam Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini berfungsi sebagai momen repleksi bagi seluruh elemen masyarakat Desa Sriwidadi untuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Renungan ini diisi dengan Do’a serta sambutan dari Plh Desa Sriwidadi , BPD , tokoh masyarakat serta dari Lintas Agama.

Maksud Dan Tujuan

Pelaksanaan Malam Renungan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-79 di Desa Sriwidadi, bertujuan untuk :

1. Menghargai Jasa Para Pahlawan

Mengingatkan kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

2. Mempererat Persatuan dan Kesatuan

Momen ini dapat dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar warga Desa Sriwidadi dari berbagai Suku, Agama dan latar belakang yang beragam.

3. Membangkitkan Semangat Kebangsaan

Menanamkan semangat nasionalisme kepada seluruh warga Desa Sriwidadi, khususnya generasi muda , agar mereka memahami makna kemerdekaan yang sebenarnya.

4. Menyampaikan Harapan

Masyarakat dapat menyampaikan harapan dan pesan moral kepada generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan.

Sambutan – Sambutan

Dalam pelaksaan malam renungan HUT RI Ke-79, Plh Desa Sriwidadi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas terselenggaranya Malam Renungan HUT RI Ke-79. Beliau mengajak seluruh warga Desa Sriwidadi untuk merenungi makna kemerdekaan dan berkomitmen untuk terus menjaga serta mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif ,” Kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi awal dari perjalanan panjang membangun bangsa yang bermartabat” ujarnya.

Ketua BPD dalam sambutannya menekankan peran masyarakat Desa Sriwidadi dalam menjaga semangat kebangsaan. Beliau mengingatkan BPD sebagai representasi masyarakat Desa Sriwidadi akan terus berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat Desa Sriwidadi demi kemajuan Desa Sriwidadi, “ Malam ini adalah momen bagi kita semua untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta menyatukan tekat membangun Desa Sriwidadi yang lebih baik ,” tegasnya.

Perwakilan dari tokoh masyarakat dan lintas agama yang ada di Desa Sriwidadi yaitu Agama Islam, Kristen dan Hindu , turut memberikan sambutan dalam malam renungan . Mereka menyampaikan pesan-pesan , persatuan dan kesatuan, toleransi antar umat beragama, kebersamaan sebagai pondasi dalam menjaga keutuhan masyarakat Desa dan Bangsa.

Makna dan Hikmah Malam Renungan

Malam renungan ini memberikan makna yang dalam bagi seluruh masyrakat Desa Sriwidadi. Acara ini mengingatkan warga akan arti penjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan. Hikmah yang dapat diambil adalah bahwa kemerdekaan harus di isi dengan hal-hal positif, dalam pelaksanaan pembangunan desa serta mengedepankan sikap gotong-royong dan toleransi antar umat beragama agar Desa Sriwidadi semakin berkembang dan lebih maju.

Peran Panitia Dalam Pelaksanaan Malam Renungan

Panitia HUT RI Desa Sriwidadi berperan besar dalam menyukseskan acara ini. Dengan persiapan yang matang dan terencana , panitia agustusan berhasil menyelenggarakan malam renungan yang khidmat dan penuh makna. Mulai dari persiapan acara, koordinasi dengan tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Pemerintah Desa Sriwidadi serta dalam mempersiapkan sarana dan prasarana tempat , kosumsi , semuanya berjalan lancar dan berkat kerja keras dan dedikasi dari panitia.

Harapan Masyarakat Desa Sriwidadi

Masyarakat Desa Sriwidadi berharap agar malam renungan seperti saat ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya. Mereka percaya bahwa acara renungan malam ini mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Desa Sriwidadi, serta menjadi momen dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 . Selain itu masyarakat Desa Sriwidadi mengharapkan kehadiran sosok pemimpin Desa yang dapat mengayomi, melindungi dan mendampingi, membina serta menjadi teladan atau contoh yang baik bagi masyarakat Desa Sriwidadi agar dapat berkembang dan lebih maju.

Paradigma Baru Pemerintah Desa Sriwidadi Dalam Menyambut HUT RI Ke-79

Pemerintah Desa Sriwidadi mengusung paradigm baru dalam menyambut HUT RI Ke-79 dengan mengedepankan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Pendekatan inklusif ini bertujuan agar semua warga merasa terlibat dan memiliki tanggung jawab dalam menjaga serta mengisi kemerdekaan. Pemerintah Desa Sriwidadi fokus pada percepatan pembangunan Desa khususnya pada insfrastruktur jalan, serta program-program lainnya.

Pesan Moral Untuk Generasi Muda Dalam Mengisi Kemerdekaan

Generasi Muda Desa Sriwidadi diingatkan untuk terus mengisi kemerdekaan dengan peran aktif dan kontribusinya dalam kegiatan Desa serta kegiatan yang bersifat positih guna meningkatkan sumber daya manusia yang unggul. Pesan moral ini untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, semangat gotong-royong, dan terus berinovasi demi kemajuan Desa dan bangsa, “ Jadilah generasi yang mencintai negeri ini dengan sepenuh hati, mengisi kemerdekaan dengan karya nyata dan bermanfaat,” demikian pesan moral yang dapat kami sampaikan

Kesimpulan

Pelaksanaan malam renungan HUT RI Ke-79 di Desa Sriwidadi bejalan dengan khidmat dan penuh makna. Acara ini tidak hanya menjadi momen refliksi atas perjuangan kemerdekaan, tetapi juga sebagai ajang mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Sriwidadi. Harapan besar tertuju pada generasi muda agar mereka mampu menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Dengan semangat kebangsaan yang terus dipupuk, Desa Sriwidadi diharapkan dapat terus berkembang menjadi Desa yang maju dan harmonis, mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU