Visitor

Senin, 25 Desember 2023

KAJI BANDING KE DESA KUTUH

 

KAJI BANDING KE DESA KUTUH

 






Sriwidadi.simsa.id, 25 Desember 2023; Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI ) Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan Kaji Banding ke Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Provinsi Bali Yang di ikuti oleh Kepala Desa , Tim Penggerak PKK, Pengurus BumDesa se Kabupaten Kapuas sebagai peserta Kaji Banding dengan Tema Dalam Rangka Pembelajaran, Pemberdayaan Desa anti Korupsi , Pengelolaan BumDesa dan Penerapan SiskeuDes berbasis CMS ( Cash Management Sistem ) pada tanggal 17-20 Desember 2023.

Desa Kutuh merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Provinsi Bali dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.246 KK dan jumlah penduduk 5.503  jiwa memiliki Nilai Indeks Desa Membangun 0,8786 pada tahun 2021 dengan status Desa Mandiri. Pemerintah Desa Kutuh dijadikan sebagai salah satu Lokus Replikasi  Desa Anti Korupsi se Kabupaten Badung. Penobatan ini dilaksanakan pada perayaan hari anti korupsi sedunia ( Hakordi ) tahun 2023 yang di selenggarakan di balai budaya giri nata mandala Puspem Badung ( 22/11,2023 ). Pencapaian prestasi tersebut sebagai percontohan Desa Anti Korupsi se Indonesia di bawah kepemimpinan Perbekel I Wayan Mudana, ST. Dengan Status Desa Mandiri Perbekel Kutuh beserta jajarannya berupaya untuk meningkatkan Pembangunan desa , sarana dan prasarana desa, pusat perekonomian dan pariwisata serta peningkatan dalam pelayanan administrasi desa kepada masyarakat melalui system informasi desa berbasis website.

Kemajuan Desa Kutuh tidak hanya dari segi fisik berupa pembangunan fasilitas desa akan tetapi dari segi pengelolaan system informasi desa berbasis website juga sudah sangat baik hal ini di buktikan dengan performa website desa   dan isi yang terkandung dalam website desa menunjukan sebuah bukti bahwa platform sistem informasi desa kutuh cukup berhasil dalam management pengelolaannya. Performa yang baik ini dapat kita lihat dari statistic pengunjung harian mencapai 598 visitor setiap hari, hal ini membuktikan bahwa Desa Kutuh memiliki sumber daya manusia yang handal serta kerja sama tim yang baik dalam tata kelola system informasi desa .

Dalam kurun waktu satu periodesasi Perbekel Kutuh mampu menghasilkan sebanyak 893 Produk Hukum, sebuah prestasi yang sangat baik dalam system pemerintahan desa. Regulasi yang dihasilkan sebagai payung Hukum dalam melaksanakan tugas sehari-hari baik bagi aparatur pemerintah desa , lembaga kemasyarakatan maupun dalam tata kelola Badan Usaha Milik Desa, ternyata PAD Desa Kutuh mempunyai nilai  pendapatan sebesar Rp 122,122.932,00 pertahunya. Hal ini membuktikan kemampuan dalam mengelola potensi desa sudah sangat baik.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Desa Kutuh bisa menjadi Lokus Repklikasi Desa Anti Korupsi sehingga cukup menarik bagi Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI ) Kabupaten Kapuas  untuk datang berkunjung ke Desa Kutuh Tresebut dalam rangka Kaji Banding , tentunya ada alasan yang kuat atas prestasinya dalam pencegahan, pengendalian dan penindakan yang telah dilksanakan oleh pemerintah desa kutuh, salah satunya dengan banyaknya regulasi desa yang dihasilkan sebagai pedoman bagi pemerintah desa tersebut. Sistem keterbukaan dalam penyelenggaraan desa, pelaksanaan pembangunan desa maupun pengelolaan keuangan desa yang transparan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan desa.

                                      

Dari kegiatan kaji banding ke Desa Kutuh di harapkan aparatur pemerintahan desa maupun lembaga desa memahami dan mampu mencegah  terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan desa baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa maupun Dana Desa. Kaji Banding di akhir tahun ini seyogyanya dapat menambah semangat untuk meningkatkan kinerja bagi seluruh stok holder di tingkat desa.

Menjelang pergantian tahun ini kita tekatkan semangat untuk menyambut tahun baru, semoga desa bisa lebih berkembang dan maju dalam segala bentuk yang bersifat positif, kritik dan saran yang membangun dengan segala solusi akan mampu menyelasaikan segala permasalahan dan kendala yang dihadapi masing-masing desa, dengan situasi dan kondisi yang berbeda , mari cegah dan tangkal korupsi di tingkat desa.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU