Visitor

Rabu, 31 Januari 2024

CARA MENINGKATKAN STATISTIK VISITOR PADA WEBSITE DESA

 

CARA MENINGKATKAN STATISTIK VISITOR PADA WEBSITE DESA


 

Website Desa merupakan sebuah situs yang berisikan kumpulan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet wilayah local ( LAN ), melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Website desa juga merupakan suatu inovasi bagaimana kita merespon perubahan yang terjadi disekitar kita , Desa memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong masyarakatnya agar terus melakukan inovasi baik dari segi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, hingga teknologi informasi yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerluan administarai kependudukan, maupun yang lainnya melalui situs resmi website desa.

Baca juga artikel: Peran Komunitas Dalam Meningkatkan WebsiteDesa, klik disini

Tujuan Website Desa adalah sebagai media informasi dan  publikasi desa ke pada dunia luar serta media layanan administrasi desa.

Fungsi Website Desa adalah sebagai media layanan publik, yang dapat dilakukan dengan  media website desa meliputi:

1. Pelayanan Administrasi Desa

2. Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

3. Pengelolaan Informasi

4. Penyuluhan Kepada Masyarakat

Baca juga artikel: Belajar Menulis Artikel Website Desa, klikdisini

Keterbukaan informasi manajemen desa sangat berpengaruh terhadap sistem pemerintahan desa yang memanfaatkan situs website desa sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta sebagai informasi publik terkait penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Keberadaan website desa juga memiliki dampak dan manfaat baik bagi pemerintah desa maupun bagi masyarakat . Adapun Manfaat website desa adalah Sebagai berikut:

1. Sebagai media promosi terhadap produk unggulan desa maupun masyarakat

2. Pengembangan informasi desa berbasis website

3. Mudah diakses masyarakat dalam pelayanan administrasi desa

4. Keterbukaan informasi penyelenggaran Pemerintahan Desa (Informasi publik)

Baca juga artikel: Analisis Kata Kunci Pada Artikel Website Desa, klik disini

Transformasi informasi digital desa membawa dampak bagi pemerintah desa maupun masyarakat terhadap pola pikir atau mindset dalam memanfaatkan layanan website desa serta dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam mengelola website desa diperlukan sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi maupun telekomunikasi. Adapun Dampak dari pemanfaatan website bagi pemerintah desa adalah:

1. Peningkatan SDM dari Aparatur Pemerintah Desa

2. Pemerintah Desa mulai di kenal oleh masyarakat secara umum

3. Terjadi peningkatan kinerja dalam pelayanan masyarakat atau publik

4. Dapat meningkatkan ststus desa

Baca juga artikel: Optimalisasi Website Menuju Desa Maju, klikdisini

Disamping memliki dampak dan manfaat, website desa juga memiliki kendala bagi pemerintah desa yang berada di perdesaan maupun yang berada di daerah ujung, pelosok dan terluar perbatasan Negara. Adapun Kedala yang dihadapi oleh desa yang berada diperdesaan, pelosok dan terluar antara lain:

1. Tidak tersedianya fasilitas jaringan internet di Kantor Desa

2. Terbatasnya  fasilitas perangkat keras dan lunak terutama Komputer

3. Sumber daya manusia( SDM ) yang masih rendah atau terbatas

4. Kurangnya dukungan Anggaran

5. Kurangnya dukungan dari Pemangku Kebijakan ditingkat Desa

Dalam pengelolaan website desa tidak hanya sekedar sebagai informasi publik atau layanan administrasi desa saja akan tetapi banyak pemerintah desa memanfaatkan website desa sebagai eksistensi maupun ciri khas suatu desa yang sudah mulai maju. Dalam mengoptimalkan website desa banyak cara yang bisa ditempuh oleh pemerintah desa agar website desanya dapat di kenal oleh khalayak umum, diantaranya dengan mengupload artikel desa maupum promosi produk unggulan desa serta produk milik masyarakat.

Baca juga aertikel: Pengertian, Tujuan dan Fungsi SistemInformasi Desa, klik disini

Agar website desa dikenal, sangat erat hubunganya dengan visitor yang selalu mengunjungi website desa dalam upaya memenuhi kepentingan yang terdapat pada artikel desa tersebut. Peningkatan performa  website desa sangat dipengaruhi oleh banyaknya visitor yang mengunjungi website desa tersebut. Untuk mensiasati jumlah visitor pada website desa agar dapat meningkatkan performa website desa dapat dilakukan cara yang sangat sederhana namun, cara ini tidak direkomendasikan akan tetapi dapat dicoba sebagai upaya dalam meningkatkan statistik visitor dalam satu hari yaitu dengan cara pengindeksan pada google search console secara terus menerus  setiap harinya sampai artikel tersebut terindeks di laman pencaharian situs google.

Adapun syarat yang harus terpenuhi dalam peningkatan visitor melalui pengindeksan adalah sebagai berikut:

1. Website sudah terhubung dengan google search console

2. Memiliki jumlah artikel yang banyak

3. Dalam artikel terdapat link internal dan eksternal

4. Melakukan pengindeksan secara terus menerus pada semua artikel sampai terindeks

Kesimpulan: Peningkatan visitor pada website desa sangat diperlukan dalam pengelolaan dan optimalisasi serta peningkatan performa website desa, banyak cara akan dilakukan guna meningkatkan performa website desa baik dengan cara yang sederhana maupun dengan cara yang rumit melalui tool aplikasi tertentu .

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU