Visitor

Senin, 19 Februari 2024

PENGERTIAN, TUJUAN DAN FUNGSI PASAR DESA

 

PENGERTIAN, TUJUAN DAN FUNGSI PASAR DESA

 


Pengertian Pasar Desa

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi, sarana interaksi sosial budaya masyarakat dan pengembangan ekonomi masyarakat. Pasar desa adalah pasar tradisional yang berkedudukan di desa dan dikelola serta dikembangkan oleh pemerintah desa dan masyarakat sebagai sarana tempat bertemunya penjual dan pembaeli yang ditandai dengan adanya transaksi jual beli barang dan jasa secara langsung dan biasaya ada proses tawar menawar ( Wikipedia)

Pasar senin  marupakan bagian dari unit usaha dari  badan usaha milik desa ( Bumdes ) Berkat usaha, dalam pembangunannya pasar desa dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pada tahun anggaran 2016 dan 2018. Pasar desa diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Dengan pengelolaan yang baik serta daya dukung pemerintah desa dan masyarakat dapat menjadi sumber pendapata asli desa.

Maksud dan Tujuan Pasar Desa

Maksud dari pasar desa adalah sebagai sarana atau tempat bagi masyarakat untuk memasarkan hasil baik yang berupa barang maupun jasa dengan tujuan meningkatkan pendapatan serta memenuhan kebutuhan bahan pokok sehari-hari.

Fungsi Pasar Desa

Fungsi pasar desa adalah sebagai sarana distribusi , pembentuk harga dan promosi barang dan jasa

Dasar Hukum Pasar Desa

Dasar hukum dari pasar desa adalah peraturan desa ( Perdes ) yang dibuat oleh pemerintah desa atas persetujaun badan permusyawaratan desa  dan Surat Keputusan Kepala desa tentang pengangkatan Pengelola Pasar Desa.

Pendapatan Masyarakat Desa

Masyarakar desa sriwidadi pada umumnya banyak yang bekerja pada sektor perkebunan kelapa sawit sehingga secara umum memilki pendapatan yang cukup baik, sesuai dengan upah minimum regional Kalimantan tengah. Dengan pendapatan masyarakat yang cukup diharapkan mampu meningkatkan perputaran modal melalui jual beli barang dan jasa, sehingga akan banyak di kunjungi oleh para pedagang. Peran aktif masyarakat dapat menjaga keseimbangan atas keberlangsungan sebuah pasar desa dan sebaliknya apabila banyak modal masyarakat keluar dari pasar desa dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dapat melemahkan pasar desa karena perputaran modal yang semakin kecil akan membuat para pedagang mulai pindah ke pasar desa  lainnya.

Manfaat Pasar Desa

1. Sebagai Wadah atau tempat memasarkan hasil pertanian atau produk Rumahan

Masyarakat dapat memasarkan hasil pertanian maupun hasil produk rumahan di pasar desa untuk meningkatkan pendapatan keluarga guna pemenuhan kebutuhan dasar keluarga.

2. Keterjagkauan jarak dalam pemenuhan kebutuhan pokok

Dengan adanya pasar desa tentunya memudahkan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok keluarga masih didalam lingkungan desa

3. Efisiensi transportasi

Pasar desa sebagai pusat perekonomian di tingkat desa dapat menekan pengeluaran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok, karena dapat dijangkau tanpa harus belaja di luar lingkunga desa

4. Perputaran Modal

Dengan adanya pasar desa maka akan terjadi perputaran modal antara masyarakat dengan pedangang atas transaksi jual beli terhadap barang dan jasa atau bahan pokok untuk  pemenuhan kebutuhan sehari-hari pada masyarakat desa.

5. Pasara desa merupakan menyumbang pendapatan asli desa ( PAD )

Pasar desa sebagai salah satu unit usaha mempunyai kontribusi terhadap pemasukan kas desa sebagai pendapatan asli desa atas bagi hasil usaha bumdes 

6. Ketersediaan bahan pokok masyarakat

Dengan adanya pasar desa maka ketersedianaa bahan pokok yang diperlukan masyarakat sangat tersedia.

Faktor Penurunan Pengunjung Pasar Desa

1. Rusaknya fasilitas jalan pada musim penghujan

Saat musim penghujan pasilitas jalan pasar desa banyak yang rusak sehingga banyak pedagang yang mengeluh dan banyak yang tidak berdagang lagi  

2. Banyaknyak pasar desa di sekitaran

Banyak bermunculan pasar desa di kisaran desa sriwidadi sangat mempengaruhi daya beli masyarakat dalam penenuhan kebutuhan pokok sehari-hari di pasar desa sriwidadi, sehingga penunjung pasar desa sriwidadi semakin sedikit

3. Perubahan mendset masyarakat dalam memenuhan kebutuhan dasar

Perubahan pandangan masyarakat dalam melihat atau menilai dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok sehari-hari atas ketersediaan barang dan jasa yang lebih lengkap atau lebih ramai di bandingkan dengan pasar desa sendiri.

4. Minimnya perputaran modal

Penurunan pengunjung pada pasar desa sangat dipengaruhi minimnya perputaran modal dalam transkasi jual beli sehingga banyak pedagang yang berhenti untuk berdagang di pasar desa

Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Desa

1. Melaksanakan perbaikan jalan secara berkala

Pemerintah desa sriwidadi berupaya melaksanakan perbaikan jalan pasar desa secara berkala terutama pada musim penghujan, baik secara gotong royong maupun dengan mendatangkan alat berat. Hal itu dilakukan untuk menunjang kegiatan pasar desa dan  para pedagang tidak mengalami hambatan atau kendala dalam perjalanan.

2. Membagikan bantuan langsung tunai pada hari pasar

Untuk meningkatkan pengunjung di pasar desa, pemerintah desa sriwidadi berupaya mencari solusi agar perputaran modal pada pasar desa meningkat dan pedang juga meningkat yaitu dengan cara penyaluran bantuan langsung tunai dana desa pada hari pasar, dengan harapan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok dapat langsung dilakukan di pasar desa sriwidadi sehingga terjadi perputaran modal dari transaki jual beli dalam pemenuhan bahan pokok tersebut.

3. Pembenahan sturktur pengelola

Penataan kembali pengelola pasar desa atas kekosongan pengurus sehingga dapat di cari upaya dalam meningkatkan pengunjung dan pedagang sehingga masyarakat dapat bertransaksi dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa untuk keperluan sehari-hari.

Dampak Yang Ditimbulkan

1. Masyarakat kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan bahan  pokok

Hal ini disebabkan semakin berkurangnya para pedagang yang berdagang di pasar desa, sehingga terjadi kelangkaan pada Sembilan bahan pokok yang sangat diperlukan masyarakat.

2. Pasar desa menjadi sepi pengunjung

Semakin sedikit yang berdagang mengakibatkan semakin sedikit juga pengunjung pada pasar desa, hal ini disebabkan stok kebutuhan pokok masyaralkat tidak semua tersedia di pasar desa.

3. Omzet pedagang menurun

Terjadi penurunan dalam omzet para pedagang, akibat minimnya transaksi jual beli sehingga perputaran modal juga mengalami penurunan secara signifikan.

Kesimpulan: Tata kelola pasar desa memang penting, tetapi banyak faktor yang mempengaruhi pasar desa bisa berkembang atau tidak bukan hanya infrastrutur maupun sarana dan prasarana los pasar desa ataupun dengan banyaknya pedagang yang dating, akan tetapi yang menjadi penentu adalah meandset masyarakat dalam membelanjakan modal.

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU