Visitor

Senin, 04 Maret 2024

Sepuluh Faktor Penyebab Artikel Tidak Terindeks Di Google

                                     Sepuluh Faktor Penyebab Artikel Tidak Terindeks Di Google

 

Seringkali kita cek status artikel dibeberapa mesin pencaharian situs, ternyata hasilnya berbeda, tidak sesuai dengan yang diharapkan serta ada rasa kecewa bercampur dengan seribu pertanyaan, adakah yang salah dengan artikel kita ?, pada prinsipnya tidak ada yang salah pada suatu artikel yang kita buat dengan susah payah, hanya saja perlu pemahaman dan pengenalan terhadap perilaku dan syarat yang harus terpenuhi, ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Agar artikel kita cepat terindek disitus Google tentunya kita harus mengenal system perayapan  ataupun perilaku pengindeksan pada search engine situs google.

Baca juga artikel: Belajar MenulisArtikel Di  Website Desa, klik disini

Rentang waktu dalam pengindeksan tidak sama pada setiap artikel, ada yang cepat da nada yang lama maupun memerlukan waktu beberapa hari bahkan banyak artikel yangn kita buat sudah enam bulan tak kunjung terindeks, semua itu pasti ada penyebabnya . Perlu kita pahami bahwa situs pencarian di google merupakan tujuan utama bagi visitor untuk mendapatkan perihal yang dicari, berbeda dengan situs yang lainnya lebih cepat proses pengindeksan seperti halnya di Yahoo, Bing, DuckDuckGo dan yang lainnya.

Baca juga artikel: Peran KomunitasDalam Meningkatkan Website Desa, klik disini

Belajar dari pengalaman dan hasil pengamatan pada Website Desa, sedikit demi sedikit mulai memahami, banyak hal yang perlu dipelajari terkait artikel kita yang sulit terindeks di search engine, terutama di situs google. Dengan banyak membaca pada artikel seseorang dapat menambah wawasan, dan adakalanya memang benar apa yang telah di bahas dalam artikel tersebut, bahwasanya kita perlu banyak uji coba dalam menerapkan prinsip dasar dalam pengindeksan pada situs google.

Baca juga artikel: Manfaat Link DiAntara Paragraf, klik disini

Dari hasil pengamatan dan percobaan yang sudah kita lakukan, cepat atau lambat akan membuahkan hasil, memang perlu kesabaran dan tidak bosan-bosannya untuk tetap berusaha melakukan pengindeksan di beberapa teknik seo baik yang bersifat fre maupun yang jenis premium alias bayar. Bagi para pemula dibawah ini dapat dijadikan referensi beberapa faktor yang menyebabkan artikel sulit terindeks di situs google sehingga artikel yang suda kita buat tidak dapat ditampilkan di halama pencaharian situs google. Adapun 10 faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

Baca juga artikel: Analisis KataKunci Artikel Desa, klik disini

1. Website Belum Didaftarkan Ke Google Search Consol

Pada prinsipnya artikel yang sudah di upload secara online akan terindeks pada situs tertentu, berbeda halnya dengan situs google yang menjadi visitor terbesar dan menjadi prioritas bagi pengguna media sosial di seluruh dunia, oleh karena itu setidaknya Website Desa kita harus terlebih dulu didaftarkan pada google search console yang sudah disediakan oleh google dan bersifat fre alias gratis. Banyak pengelola website desa bertanya-tanya , sudah hampir satu tahun mengelola website dan sudah banyak artikel yang dibuat tetapi tidak satupun artikel yang terindeks atau muncul di halaman pencaharian situs google, terutama bagi para pemula.Baca juga artikel: Optimalisasi Website Menuju Desa Maju, klik disini

2. Artikel Identik dengan kanonis yang tepat

Dalam membuat artikel banyak hal-hal yang harus diperhatikan, tidak hanya dengan teknik menulisnya saja atau seberapa banyak referensi yang di siapkan untuk menguatkan suatu artikel menjadi lebih baik, kadang kala kebiasaan copy paste di lingkungan pemerintahan desa seringkali terbawa dalam pembuatan artikel. Hal ini yang perlu dihindari dalam pembuatan artikel. Artikel yang identik yang sama dengan teknik copy paste akan sulit terindeks dan dianggap tidak memiliki relevansi

Baca juga artikel: Pengertian Maksud Tujuan Sistem Informasi Desa, klik disini

3. Usia Domain Masih Baru

Dalam sistem perayapan untuk pengindeksan suatu artikel pada situs google, usia Domain selalu menjadi pertimbangan dan skala prioritas, maka tak heran kalau website yang baru saja online merasa kesulitan dalam pengindeksan disitus google, hal ini disebabkan karakter dari search engine lebih meprioritaskan pada domain yang berusia lama yang sudah eksis dibandingkan dengan yang baru, maka dari itu perlu memahami sifat dan karakter sistem, baru kita bisa mencari solusi agar artikel yang sudah dibuat tidak sia-sia atau hanya online di hosting saja tanpa terindeks di situs google.

4. Saat Pengindeksan Bertepatan Dengan Maintene Server

Dalam memberikan palayanan kepada pelanggan , pihak penyedia layanan secara berkala akan meningkatkan mutu layanan, juga meningkatkan kinerja server serta daya tampung hosting guna memenuhi kepuasan, kenyamanan dan optimal terhadap pelanggan selaku penyewa jasa domain dan hosting. Ketika penyedia domain dan hosting sedang melakukan maintene terhadap server untuk meningkatkan mutu layanan maka kita jangan melakukan pengindeksan pada artikel yang baru dibuat, hal ini sangat berpengaruh pada proses pengindeksan sehingga mengakibatkan gagal indeks. Jangankan artikel kita terindeks, bahkan website kitapun bisa mendadak error, karena masih tahap maintene server.

Baca juga artikel: 9 Tips Membuat Judul Artikel, klik disini

5. Error Sistem

Kegagalan indeks dapat terjadi karena error pada sistem, baik terkait pada sistem website desa yang sedang error maupun pada sistem google, hal ini bisa terjadi karena website dalam maintene atau sistem google tidak mengenali suatu artikel dalam perayapan sehingga terjadi permasalahan error dan gagal indeks, permasalahan ini sangat sulit bagi pemula karena menyangkut pada sistem bukan artikelnya yang menjadi penyebabnya.

6. Artikel duplikat

Dalam pengelolaan website desa artikel duplikat sangat dihindari karena dapat menyebabkan gagal indeks, perlu kita pahami bahwa sistem search engine tidak melakukan pengindeksan pada website dengan artikel duplikat dalam satu website, karena dianggap tidak relevan. Sistem search engine dalam melakukan pengindeksan sangat selektif terhadap mutu dan kualitas suatu artikel yang layak di indeks untuk dapat ditampilkan pada halaman hasil pencaharian situs.

Baca juga artikel: 10 Komponen Dalam Artikel, klik disini

7. Artikel Tidak Relevan

Artikel dengan kualitas rendah akan sulit terindeks di google , karena system search engine lebih memprioritaskan pada artikel yang berkualitas dan relevan dan bersifat unik serta hal baru . Maka dari itu dalam menulis suatu artikel harus memberhatikan beberapa hal terkait tema yang lagi viral, kata kunci yang tepat serta memeliki hubungan relevansi antar paragraf yang saling berkaitan dan saling menguatkan satu  sama lainnya di antara paragraf.

Baca juga artikel: Indeks Desa Membangun, klik disini

8. Artikel Dengan Kalimat Tidak Baku

Dalam membuat suatu artikel kita harus berhati-hati dalam menggunakan istilah kata atau bahasa yang tidak baku dalam sistem tata bahasa atau dalam kamus besar bahasa Indonesia yang benar serta kalimat atau kosa kata dalam bahasa lainnya. Hal ini dapat menyebabkan artikel kita tidak dapat dikenali sehingga akan diblokir oleh sistem teks robot.

Baca juga artikel: Legenda Roro Jonggrang, klik disini

9. Artikel Orisinil

Artikel merupakan karya sendiri bukan hasil karya orang lain yang sudah dipublikasikan, sehingga sistem dalam perayapan mengenalinya sebagai artikel duplikat yang sudah pernah diterbitkan atau dipublikasikan kecuali sebagai bahan referensi bahasa atau pendapat para ahli serta produk perundang-undangan.

Baca juga artikel: Desa Sangat Tertinggal, klik disini

10. Artikel Menggunakan Simbol Yang Berlebihan

Pengunaan simbol dalam penulisan suatu artikel dapat meningkatkan kualitas dan bersifat unik namun bila berlebihan dan tidak sewajarnya justru akan menjadi artikel tersebut rendah sehingga tidak dikenali oleh search engine pada situs google.

Kesimpulan; Bahwa dalam membuat suatu artikel yang baik, harus memperhatikan beberapa hal terkait dengan penggunaan bahasa yang memeiliki relevansi antar paragraph dan merupakan hasil karya sendiri bukan karya milik orang lain serta mengetahui cara kerja search engine dalam pengindeksan sehingga artikel yang sudah dibuat akan cepat terindeks dan dapat ditampilkan pada halaman pencaharian disitus Google.

 

 


0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU