Visitor

Sabtu, 13 April 2024

Pj. Bupati Kapuas Blusukan Ke Pasar Tradisional

                             PJ. Bupati Kapuas Blusukan Ke Pasar Tradisional

 

Sriwidadi, sabtu 13 maret 2024; Pj. Bupati Kapuas Erlin Hardi, ST menyempatkan diri untuk blusukan ke pasar tradisional di Glogal, adapun pasar tesebut berada di wilayah Desa Sidomulya berbatasan langsung dengan Desa Sriwidadi, atau di sebelah utara perkantoran PT. Globalindo Agung Lestari. Kegiatan blusukan  Pj.Bupati Kapuas merupakan kejutan bagi para pedagang yang tidak menyangka akan kedatangan orang nomor satu di kabupaten Kapuas, begitu juga dengan masyarakat yang telah lebih dulu berada di pasar tersebut.

Pada kesempatan tersebut PJ. Bupati Kapuas Erlin Hardi , ST, menyapa para pedagang sekaligus menayakan harga, khususnya bahan pokok sembako pasca lebaran, agar stabilitas  harga bahan pokok tetap terjaga, serta ketersediaan stok pangan telah tercukupi. Para pedagang tidak menyangka kalau, barang dagangannya akan laku bahkan habis terjual lebih cepat karena Bapak PJ. Bupati Kapuas Erlin Hardi Memborong sebagian besar barang dagangan yang kemudian di bagikan kepada masyarakat yang datang untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Ibarat Gayung bersambut, masyarakat yang datang dengan tujuan untuk berbelanja ternyata sebagian besar dagangan sudah di borong oleh Bapak Pj. Bupati Kapuas yang lansung di bagikan kepada masyarakat yang sedang akan berbelanja secara gratis atau Cuma – Cuma. Maka ramailah suasana pasar sabtu atau pasar global siang ini dengan adanya kunjungan PJ. Bupati Kapuas yang tidak disangka – sangka.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Tripika Kecamatan Mantangai beserta kepala desa yang berada di wilayah zona trans dan sekitarnya. Kunjungan tersebut tidak hanya pada pasar global akan tetapi juga meluangkan waktu untuk mengunjungi masjid jami Al Mukaram yang berada di wilayah Desa Sriwidadi serta menyempatkan waktu untuk singgah dan melihat suasana Kantor Desa Sriwidadi.

Mengapa Pj. Bupati Kapuas meluangkan waktu untuk berkunjung ke pasar global, pada prinsipnya pasar merupakan pusat perputaran uang yang cukup signifikan dalam menopang perekonomian baik pada skala desa maupun pada skala Kabupaten. Pasar sebagai sarana tempat tarnsaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang sama – sama membutuhkan dalam pemenuhan kebutuhan baik yang berupa bahan pokok sembako maupun kebutuhan lainnya. Keberadaan pasar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar untuk memasarkan hasil pertanian maupun bahan pokok lainnya, sekaligus memantau lonjakan harga pasca lebaran.

Kunjungan PJ. Bupati Kapuas sebagai wujud  dari penjabaran visi pembangunan Kapuas kedepan yaitu membanguan kabupaten Kapuas dari desa, tidak hanya infrastruktur saja yang di prioritaskan, akan tetapi bidang yang lainnya juga mendapat perhatian termasuk  pasar desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Hal lainnya adalah sebagai sarana halal bihalal kepada masyarakat, mengingat pada saat ini masih suasana lebaran. Momen tersebut di manfaatkan PJ. Bupati Kapuas Erlin Hardi,ST untuk blusukan ke pasar tradisional, disamping memantau perkembangan harga juga untuk menyapa warga masyarakat sekitar. Kegitan ini rutin dilakukan 

Pradigma baru dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Kapuas Pada tahun 2024, memprioritaskan pembangunannya di mulai dari desa, hal tersebut telah disampaikan oleh PJ. Bupati Kapuas Bapak Erlin Hardi,ST dalam kegiatan rapat kerjasama Pemerintah Desa dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas PMD Kapuas dengan Kejaksaan Negeri Kapuas dalam hal pengawasan penggunaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa pada tanggal 30 Januari 2024 di Rujab Bupati Kapuas, dengan visi Membangun Kabupaten Kapuas dari Desa meliputi:

1.      Kebijakan ADD Tematik

2.      Kebijakan Kapuas Growth Center

Untuk mewujudkan pembangunan di mulai dari desa, salah satunya adalah melihat secara langsung kondisi suatu desa, mulai dari sarana dan prasarana yang ada di Desa, baik yang bersifat inprastruktur maupun non inprastruktur serta pusat perekonomian skala desa termasuk dengan mengunjungi pasar global.

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU