Visitor

Kamis, 08 Agustus 2024

Monitoring Dan Evaluasi Anggaran Tahap Pertama Desa Sriwidadi Tahun 2024

 Monitoring Dan Evaluasi Anggaran

Tahap Pertama Desa Sriwidadi Tahun 2024

Pemerintah Desa Sriwidadi melaksanakan kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Anggaran Tahap Pertama tahun 2024. Kegiatan tersebut bertempat di Kantor Desa Sriwidadi, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa, serta untuk memastikan bahwa program penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pembangunan desa dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Kamis ( 8/8/2024 )

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Monev dari Kecamatan Mantangai yang terdiri dari Pendamping Desa, Pendamping Bidang Pemberdayaan, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Sriwidadi, Lembaga Desa serta Seluruh Perangkat Desa Sriwidadi dan Seluruh Ketua Rukun Tetangga. Seperti kita ketahui bahwa pada tahun 2024, realisasi anggaran dapat dikakukan dalam 2 ( Dua ) Tahap, sehingga pada tahun 2024 sekarang ini dilakukan monitoring dan evaluasi sebanyak 2 ( Dua ) kali, yaitu pada pertengahan tahun ini dan pada awal tahun depan.

Monitoring dan evaluasi ( Monev ) merupakan proses pengawasan yang dilakukan untuk memantau dan menilai penggunaan anggaran yang telah di alokasikan untuk kegiatan pada tahap pertama ini meliputi Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa maupun Bidang Pembangunan Desa serta untuk program ketahanan pangan. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa yang telah disalurkan digunakan sesuai dengan penercanaan dan mencapai hasil yang diharapkan.

Fungsi dan Tujuan Monev

Dalam pelaksanaan Monitoring Dan Evaluasi anggaran, merupakan pelaksanaan dari fungsi pengawasan terhadap penggunaan dana yang telah terealisasikan meliputi beberapa asfek. Adapun Fungsi dari monev tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengawasan; untuk memastikan penggunaan anggaran sesuai dengan Peraturan dan ketentuan yang berlaku.

2. Penilaian Kinerja; Sejauh mana pelaksanaan program pembangunan Desa telah mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Identifikasi Masalah; Mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang timbul selama pelaksanaan program, sehingga dapat segera diambil langkah dan tindakan perbaikan.

4. Pelaporan; Menyediakan laporan yang transparan dan akuntabel mengenai penggunaan anggaran kepada pihak-pihak terkait.

Disamping memilki fungsi tim Moitoring dan Evaluasi juga memiliki tujuan yang akan dicapai dalam rangka pembinaan kepada Pemerintah Desa. Dengan adanya maksud dan tujuan tersebut, sehingga Pemerintah Desa Sriwidadi dalam melaksanakan kegiatan maupun dalam rangka pelaksanaan pembangunan Desa Sriwidadi dapat terarah , terukur dan terkendali, sehingga apa yang menjadi tanggung jawab Desa dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Adapun Tujuan dari Monev realisasi anggaran pada tahap pertama ini meliputi:

1. Transparansi; Meningkatkan transparansi dalam pengelolaan Dana Desa ( DD ) maupun Alokasi Dana Desa ( ADD ).

2. Akuntabilitas; Memastikan akuntabilitas dalam penggunaan Dana oleh Pemerintah Desa Sriwidadi.

3. Efektivitas; Meningkatkan efektivitas program pembangunan desa melalui pemantauan dan evaluasi yang tepat waktu.

4. Perbaikan; Memberikan umpan balik yang kontruktif untuk perbaikan program di masa mendatang.

Pelaksanaan Monev Realisasi Anggara Tahap Pertama

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi di Desa Sriwidadi di buka oleh Ibu Eka Normawati selaku Plh Desa Sriwidadi, yang menyampaikan pentingnya monev dalam memastikan penggunaan Dana Desa yang efektif dan transparan serta memaparkan rewalisasi anggaran yang telah tersalurkan di berbagai bidang. Selanjutnya Tim Monev dari Kecamatan Mantangai memberikan penjelasan singkat mengenai maksud dan tujuan monev anggaran pada tahap pertama ini. Penjelasan tersebut meliputi 2 ( dua ) asfek utama yaitu pengecekan dokumen Surat Pertanggungjawaban ( SPJ ) dan kunjungan lapangan terkait realisasi anggaran pembangunan. Adapun 2 (dua ) asfek tersebut diatas dapat kami jelaskan lebih lanjut dibawah ini:

1. Pengecekan SPJ

Tim Monev memerikasa kelengkapan berkas Administrasi SPJ yang telah disiapkan oleh Pemerintah Desa Sriwidadi terkait dengan realisasi anggaran tahap pertama. Pemeriksaan ini mencakup Verifikasi dokumen pengeluaran, bukti pembayaran dan laporan penggunaan dana yang telah disalurkan

2. Kunjungan Lapangan

Setelah pengecekan SPJ, tim Monev melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau secara langsung pelaksanaan pembangunan desa, khususnya proyek pencucian parit dan program ketahanan pangan berupa hewan ternak sapi. Program ketahanan pangan ini dirancang untuk mendukung keberlanjutan pangan di desa dengan memberikan gaduhan hewan ternak sapi kepada keluarga penerima manfaat ( KPM ) sesuai dengan petujuk SOP program ketahan pangan yang berkelanjutan.

Kesimpulan

Hasil dari kegiatan monitoring dan evaluasi anggaran tahap pertama di Desa Sriwidadi menunjukan bahwa penggunaan dana desa dan alikasi dana desa telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dari monev tersebut antara lain:

1. Kesesuaian Penggunaan Dana;

Pemeriksaan SPJ menunjukan bahwa dana yang dialokasikan untuk pembangunan desa tahap pertama telah digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semua dokumen pengeluarandan bukti pembayaran terverifikasi dengan baik

2. Realisasi pembangunan

Kunjugan lapangan menunjukan bahwa pencucian parit telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan spesfikasi yang ditentukan . Prgram ketahanan pangan berupa hewan ternak sapi juga berjalan dengan baik, dengantelah tersalurkan kepada KPM yang berhak.

3. Kendala dan Solusi

Beberapa kendala yang diidentifikasi selam pelaksanaan program terutama dalam pengadaan hewah ternak sapi mulai teratasi.

4. Transparansi dan Skuntabilitas

Kegiatan monev ini meningkatkan transpansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa, serta memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa dana desa digunakan dengan baik untuk pembangunan yang bermafaat.

Secara keseluruhan kegiatan monev anggaran tahap pertama di Desa Sriwidadi berjalan dengan baik bdan memberikan hasil yang positif. Pemerintah Desa dan semua pihak terkait diharapkan dapat terus mempertahankan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa , serta melakukan perbaikanberkelanjuta buntuk meningkatkan efektivitas program pembangunan di masa mendatang.


0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU