Visitor

Sabtu, 30 Desember 2023

FILSAFAT KEMBANG API DALAM WEBSITE DESA

 

FILSAFAT KEMBANG API DALAM WEBSITE DESA

Dalam hitungan jam kita akan memasuki tahun 2024, momentum apakah yang dapat kita ambil sebagai filosopi bagi pemerintahan desa ?, adakah sangkut pautnya dengan pengelolaan website desa maupun bagi pemerintahan desa ?, pada prinsipnya tidak memiliki sangkut-paut terhadap hal tersebut diatas. Tahun baru selalu dijadikan sebuah momentum bagi semua masyarakat termasuk pemerintah desa, hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelunnya, agar ditahun 2024 nanti bisa lebih baik lagi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa , pelaksanaan pemberdayaan desa dan pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan desa , pelaksanaan penaggulangan darurat mendesak desa serta pengelolaan website desa.

Dari hasil evaluasi kinerja seluruh jajaran pemerintah desa akan diambil suatu kesimpulan dan dijadikan langkah dalam menentukan kebijakan di tingkat desa. Segala sesuatu yang timbul akibat kesalahan atau human error pada tahun 2023 tentunya akan dilakukan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa secara keseluruhan, begitu juga dengan platform tata kelola website desa akan mengalami perubahan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih optimal serta sebagai sarana transparansi publik dalam pelaksanaan APBdes tahun 2024 lebih tepat sasaran dan efektif serta efisien.

Pada tahun 2024 sangat di harapkan adanya peningkatan peran partisifasi masyarakat terhadap pemerintah desa , sehingga akan terjalin komunikasi yang intens baik pada pemerintah desa maupun pada lembaga desa yang lainnya. Keterlibatan peran masyarakat dan lembaga desa dalam pengambilan keputusan akan berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa. Kebijakan yang diambil pemerintah desa akan dapat dipertanggung jawabkan baik kepada masyarakat maupun kepada Negara atas pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa pada tahun 2024 nanti. Dalam perjalanan setahun yang lalu tentunya masih banyak meninggalkan beberapa problema yang belum sempat terselesaikan sehingga dengan momentum di tahun baru ini, dengan semangat baru, diharapkan mampu menyesaikan segala kendala maupun persoalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah desa dapat terselesaikan dengan baik.

Dalam kepercayaan atau budaya masyarakat tionghoa atau masyarakat cina tahun 2024 merupakan tahun naga kayu yang memiliki rentang waktu anatara 10 februari 2024 sampai dengan 28 januari 2025. Pada tahun naga kayu ini menjadi titik balik dalam kehidupan baik dalam pengembangan karir, bisnis dan pertumbuhan maupun peningkatan  dalam pengelolaan website desa akan mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perubahan yang terjadi merupakan suatu momentum di awal tahun 2024 untuk mencapai suatu tujuan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Mengapa kembang api bisa menjadi filosopi di tahun 2024 pada artikel  ini ?, filosopi tersebut merupakan sebuah slogan atau ungkapan penulis untuk menggambarkan suatu metode dalam meningkatkan performa website desa,  platform tata kelola serta dalam pengelolaan yang lebih baik lagi pada tahun 2024. Dalam artikel ini dapat kita jabarkan makna filosopi kembang api tersebut adalah sebagai berikut;

  1.       Tempat berkumpulanya banyak orang dalam menyambut tahun baru 2024 merupakan perwujudan sebuah media atau tempat kita bekerja dalam mengelola website desa agar lebih leluasa tentunya memerlukan tempat atau bangunan kantor desa yang cukup nyaman untuk bekerja, mencari inspirasi sehingga dapat mengolah data, membuat artikel dan berita maupun info desa untuk di sampaikan kepada masyarakat.
  2.      Banyaknya orang yang berkumpul merupakan perwujudan banyaknya jumlah operator website  desa yang akan  mengelola atas keberlangsungan website desa tersebut. Peran serta seluruh stok  holder dalam pemerintahan desa dapat meningkatkan mutu layanan dan kombinasi berdasarkan sudut pandang yang berbeda satu dengan yang lainnya menjadikan keaneka ragaman yang positif .
  3.     Panggung hiburan merupakan perwujudan dari kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan  untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal guna mengelola website desa dalam  rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat serta sebagai media transparansi anggaran    kepada publik.
  4.      Kembang api Merupakan perwujudan sarana dan prasarana media informasi baik berupa          computer  jaringan internet maupun perangkat lainnya. Semakin lengkap sarana dan prasarana yang memadai dapat meningkatkan kinerja dan performa website desa.
  5.       Pancaran api yang dihasilkan pada kembang api merupaka perwujudan suatu tekat dan semangat dalam mengelola website desa untuk mencapai suatu tujuan memerlukan waktu yang panjang. Tidak ada jalan pintas yang harus ditempuh untuk mewujudkan dalam mencapai tujuan yang maksimal, semuanya perlu proses yang beliku-liku sehingga dapat menciptakan rasa kepuasan dari hasil dalam pengelolaan website desa.
  6.     Ledakan dan pancaran sinar terang dari kembang api yang menerangi jagat maya merupakan  perwujudan puncak keberhasilan dalam mengelola website desa, tidak hanya dalam lingkup sekala desa saja akan tetapi dalam cakupan yang lebih luas lagi. Setiap desa tentunya ingin website desa nya di kenal oleh desa lain dan menjadi tolak ukur atau referensi serta rujukan dalam pengelolaan website desa.
  7.      Kemudian kembang api padam dah hanya diterangi oleh lampu dimana masyarakat berkumpul  merupakan perwujudan dari puncak kejayaan pengelolaan website telah sirna atau ketidak mampuan dalam mengelola website desa sehingga hanya mampu jalan ditempat saja.

Di samping filosopi kembang api tadi ada juga filosopi piramida yang mengambarkan suatu pola atau kemajuan dan partisifasi dalam mengembangkan website desa serta tahap pada pencapaian dari tujuan dalam pengelolaan website desa . Bentuk dari piramida yang mengerucut merupakan tingkat kemajuan dan keberlangsungan dalam mengelola website desa. Pada awalnya pengelola dapat melaksanakan sesuai rencana dan tujuan yang akan di capai, akan tetapi siklus seleksi alam juga berlaku dalam pengelolaan website desa, hanya ada satu website desa yang berada di puncak sebagai suatu prestasi atas kinerja yang telah dilaksanakan dalam menjawab tantangan digitalisasi pada masa sekarang ini.

Uraean dalam artikel ini merupakan slogan atau gambaran penulis yang pada hakekaknya tidak ada dalam buku kamus besar bahasa Indonesia atau peribahasa yang lazim kita ketahui, namun gambaran ini merupakan hasil pemikiran bagi penulis sebagai sarana untuk menyongsong datangnya tahun baru 2024 , semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi operator website desa lebih giat dan semangat dalam mengelola website desanya.

TOP TRENDING 2024, WEBSITE DESA MAKIN POPULER

 

TOP TRENDING DI TAHUN 2024, WEBSITE DESA MAKIN POPULER

 

Perkembangan digitalisasi mengalami kemajuan cukup pesat pada akhir tahun 2023 ini, hal ini membuktikan, bahwa layanan website desa sudah menjadi suatu kebutuhan bagi pemerintahan desa dari hulu sampai ke hilir. Semua desa mulai berbenah untuk menyongsong era digitalisasi ini dengan menyiapkan sumber daya manusia, perangkat keras dan perangkat lunak dan penganggaran serta ketersediaan jaringan internet desa. Untuk wilayah Kabupaten Kapuas kemungkinan sudah mencapai 75 % Desa yang mempunyai Website Desa baik yang menggunakan Domain Simsa.id , Desa.id, Blogspot.com, Digides.id serta jenis Domain lainnya.

Penyedia layanan hosting di akhir tahun ini aktih melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis pengelolaan website desa di berbagai wilayah, ini menunjukan komitmen dari penyedia layanan hosting dan domain ikut andil dalam mencerdaskan desa sesuai amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa bahwa desa berhak mendapatkan layanan informasi publik. Kepedulian penyedia layanan harus kita apresiasi dengan melaksanakan apa yang di peroleh pada saat bimtek untuk di terapkan pada pemerintahan desa dalam pelayanan publik maupun transparansi penggunaan anggaran desa.

Website desa akan menjadi top trending di tahun 2024 bukan isapan jempol belaka, mengingat banyak desa sedang berjuang untuk melakukan inputan data penduduk, data data lainnya untuk melengkapi semua menu yang ada dalam sistem website hingga siap untuk beroperasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pada awal tahun 2024 juga akan terjadi seleksi alam khususnya bagi desa yang telah lebih dulu memiliki website desa, aktifitas website desa sangat mudah untuk diakses publik hanya dengan mengenal nama desa nya, baik yang merdomain Simsa.id maupun yang berdomain Desa.id. sehingga website desa yang aktif dan yang tidak aktif dapat di ketahui publik.

Setiap desa memiliki kendala yang berbeda satu dengan yang lainnya, baik dari jaringan internet, penganggaran maupun dari sumber daya manusia yang siap pakai atau yang belum mampu untuk mengelola website tersebut. Sumber daya manusia bukan menjadi alasan utama dalam pengelolaan website desa karena banyak desa dengan sumber daya manusia yang rendah dan pas-pasan ternyata mampu mengelola website desa dengan baik. Untuk desa terpencil kemungkinan yang menjadi kendala utama adalah belum tersedianya jaringan internet desa itupun bukan merupakan kendala mengingat website desa ada yang off line sehingga dapat di onlinekan tetika ada jaringan inrternet.

Tahun 2024 juga merupakan tantangan bagi penyedia layanan hosting untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan lanjutan paska pelatihan maupun paska kegiatan bimbingan teknis cara pengelolaan website desa  di semua desa yang menjadi binaan dan sekaligus sebagai mitra kerja di masa sekarang dan yang akan datang. Hasil analisa aktifitas website desa di semua wilayah akan menjadi bahan lanjutan serta metode pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis selanjutnya agar membuahkan hasil yang maksimal. Komunikasi yang intens dengan pihak penyedia layanan hosting sangat diperlukan dalam mengatasi semua kendala yang terjadi pada saat input data maupun ketika terjadi error pada ssstem website desa. Kerja sama pemamfaatan layanan website desa antara pemerintah desa dengan penyedia layanan hosting merupakan jenis kerja sama yang saling menguntungkan dari pihak pemerintah desa maupun dari pihak penyedia layanan hosting.

Tahun 2024 juga akan terjadi persaingan yang sehat antar penyedia layanan hosting, mengingat di beberapa wilayah kabupaten masih banyak juga yang belum memilki website desa sehingga akan menjadi peluang bagi penyedia layanan hosting untuk menawarkan dan bekerja sama melalui bimbingan teknik tentang pengelolaan website desa. Tidak hanya bagi penyedian layanan hosting saja tetapi juga berlaku bagi semua desa terutama yang menggunakan domain Simsa .id juga akan terjadi persaingan yang sehat dalan rangka pengelolaan dan peningkatan website desanya masing-masing. Agar tidak ditinggalkan oleh mitra kerjanya tentunya penyedia layanan hosting akan melakukan perbaikan dalan pelayanan hosting maupun pada saat pelaksanaan bimbingan teknis diantaranya merilis versi terbaru setiap tahunnya terhadap tema maupun penambahan fitur pada ssstem.

Tahun 2024 juga akan terjadi persaingan sehat antar pengelola, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik maupun untuk meningkatkan performa website desanya masing-masing. Saling mengunjungi website desa baik ke sesama komunitas maupun kepada desa terdekat akan menjadi borometer sudah sampai di mana progres dalam pengelolaan website desanya, apakah sudah maksimal atau belum. Perbandingan performa website desa tentunya akan berbeda antara desa yang satu dengan desa yang lainnya, kama jadikanlah sebagai pemicu untuk melakukan beberapa langkah perbaikan dalam pengelolaan sehingga website desanya akan menjadi lebih baik dan bisa berkembang.

Untuk memiliki website desa yang punya daya saing ada beberapa syarat website desa yang baik diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      1. Desain tema pada dashboard yang friendly

2.      2. Navigasi yang mudah

3.      3. Isi konten yang relevan terkait administrasi desa dan artikel desa

4.    4. Kecepatan loading yang baik pada website desa

5.      5. Responsif dan mobil friendly

6.    6. Memiliki sistem keamanan dan perlindungan data penduduk

7.    7. Keterbukaan dengan media sosial

8.   8. Fitur pencarian yang baik

9.     9. Optimalisasi seo biasanya pada google search console yang bersifat gratis

10.10. Informasi kontak yang jelas dalam pelayanan online

11 11. Testimoni dan mendapat ulasan yang positif

12 12. Artikel pada menu terupload secara teratur

  13Strategi pemasaran produk unggulan desa yang baik

1   14. Rutin melaksanakan analisa kinerja

1   15. Responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Tahun 2024 disamping akan menjadi top trending bagi website desa juga merupakam momentum bagi pemerintahan desa untuk  cepat dan tanggap menghadapi perubahan teknologi digitalisasi terutama dalam pengelolaan website desa di masa sekarang dan masa yang akan datang.

CERITA MALIN KUNDANG

 

Cerita Malin Kundang

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang anak bernama Malin Kundang bersama ayah dan ibunya yang miskin. Mereka tinggal disebuah desa yang berada di tepi pantai. Desa itu kecil dan sepi, penduduknya banyak yang merantau untuk mencari penghasilan, tidak banyak yang bisa dilakukan di desa mereka, tanahnya gersang, ikan di lautnya pun sedikit.

Malin Kundang sangat senang sekali bermain, setiap hari, kerjaannya hanya mengejar ayam satu satunya milik orang tuanya “hehehehehehehe, kemari kau Burik, hehehehehehe” Malin kecil trus mengejar si burik. Ketika Malin Kundang berhasil menagkapnya, biasanya ia akan menyiksa ayam ayam itu , “hahaha, kena kau”  ucap si malin.

Suatu hari ayah Malin Kundang hendak merantau ke negeri sebrang, konon katanya , Negeri sebrang sangat kaya dan mencari uang disana sangat mudah , “ayah berangkat ya Malin ?“ pamit ayahnya “iya ayah” jawab malin 

.

Ayah Malin Kundang segera ikut naik kapal beserta penduduk lain yang hendak merantu. Tinggalah ibu dan Malin di desa yang miskin itu. Hari demi hari, tidak ada kabar dari sang ayah, sang ibu pun bekerja lebih keras, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. 

“Ayo silahkan dibeli “ sementara si Malin kundang masih saja mengejar si Burik. Ketika suatu hari hendak mengejar si Burik tiba tiba malin kundang terjatuh “aduh.. aduh,,hohoho,”  kaki, lenganya tergores batu tajam, lukanya sangat besar dan mengeluarkan darah. Sang ibu segera mengobati luka si Malin Kundang dengan penuh kasih sayang. “luka ini pasti sembuh , namun bekas lukanya akan susah hilang “  ucap si ibu, namun si Malin tetap saja masih menangis “aduh,huhuhuhu,aduh …”

Hari berganti bulan, bulan berganti tahun, dan tahun berjalan dengan tergesa gesah, tanpa terasa Malin sekarang menjadi pemuda yang tampan dan kuat , ia mulai bosan tinggal di desa yang sepi dan miskin itu, dia ingin merantau seperti ayahnya.

“aku akan merantau seperti ayah!“ kemudian Malin Kundang meminta izin kepada ibunya “bu izinkan aku merantau ke negeri sebrang !“ pinta Malin Kundang kepada ibunya yang segera merasa sedih

“jangan anak ku ibu takut kau tidak kembali seperti ayahmu, hanya kamu satu satunya anak ku , kalau kamu tidak kembali , aku hidup dengan siapa?“ 

Malin menjawab “jangan khawatir aku akan berjanji aku pasti akan kembali aku akan jadi orang kaya , lalu akan memboyong ibu untuk hidup bersama ku.”

Akhirnya tidak ada lagi yang bisa diperbuat ibunya, Malin Kundang bersikukuh untuk pergi, Malin Kundang menyelinap ke sebuah kapal. Ia bersembunyi di peti kayu ”sepertinya disini aman”  Ucap Malin Kundang, kapal pun berlayar, namun di tengah laut, kapal itu di cegat bajak laut, semua awak kapal dibunuh oleh bajak laut, mereka merampas barang-barang berharga dikapal itu dan meningalkan kapal-kapal itu tekantunhkantung dilaut ” kapal kita dirampok-rampok,,!”

 

Malin kundang selamat karena ia sembunyi di peti. Saat ia keluar dari persembunyiannya, kapal itu sudah terdampar di sebuah pantai, sungguh beruntung, sebab didekat pantai itu, ada sebuah desa yang subur dan kaya pelabuhan yang besar dan ramai, Malin Kundang tersenyum meski tubuhnya lemas tak berdaya . “disini aku akan mengadu nasib“ Seru Malin dalam hati, Malin bekerja keras siang malam. Hanya satu dalam benaknya yakni menjadi orang kaya. Tekad dan kerja kerasnya membuahkan hasil, dia pun menjadi kaya, punya kapal besar , dengan 100 awak kapal “aku kaya aku kaya hahahahah ,,,”

Hingga suatu hari, Malin mengajak istrinya berlayar dengan mengunakan kapal mewah. Mereka berlabuh dipelabuhan dikampung halaman Malin Kundang. Berita suksesnya Malin Kundang pun terdengar sampai di telinga ibunya “apakah itu kapal si Malin anak ku ?“ tanyanya pada dirinya sendiri.

Dengan kaki riang, ibu yang sudah renta itu terseog-seog berjalan ke pelabuhan. “dia memang Malin kundang , aku yakin” batin ibunya , saat melihat Malin turun dari kapal besarnya bersama istrinya“ Malin, Malin kamu pulang nak ?“ 

Istri Malin Kundang heran, dengan seorang ibu tua yang berlari kearah mereka sambil berteriak-teriak, pakaian compang-camping, wajahnya rentah dan lusuh “siapa dia kanda ? apa benar dia ibumu ?” 

Malin Kundang gelisah, ia tidak mau istrinya tau kalau Malin Kundang berasal dari keluarga miskin, “entahlah dinda mungkin hanya pengemis tua yang meminta sedekah“  

ibu tua mendengar perkataan Malin Kundang dan berubah sedih “masa kau tidak mengenali wajahku anakku?, ini ibumu yang membesarkanmu !“ 

Malin Kundang menjadi marah, “ibuku sudah lama mati, jangan mengaku ngaku wahai pengemis tua heh ,,, “ sang ibu menangis terseduh-seduh, “aku yakin kamulah Malin anakku , lihatlah bekas luka di langan mu hanya malin kundang anak ku yang mempunyai bekas lika itu” Malin kundang makin marah.

ia menyuruh pengawalnya untuk mengusir ibu yang semakin terseduh-seduh “ya tuhan , jika memang ia benar anakku, Malin Kundang ku kutuk dia jadi batu “!  

Seketika petir menggelegar, padahal langit sedang cerah, pelan-pelan Malin kundang merasakan hal aneh pada tubuhnya yang semakin kaku, “oh ada apa dengan tubuhku, hah hah tubuhku kaku hoh,hoh,hoh tidaaak”  

Malin kundang pun sadar bahwa Ia sedang di kutuk, Malin bersimpuh mencium tanah, dan berubah menjadi batu, terlambat sudah bagi nya menyesali sifat buruknya pada ibunya

Pesan moral dari cerita Malin Kundang adalah kita tidak boleh durhaka terhadap orang tua kita  sendiri apapun keadaan orang tua kita adalah rahmat dan berkah yang harus di syukuri ,,,

 

 

 

 

 

Jumat, 29 Desember 2023

Manfaat Lainnya Dari Website Desa Yang Tidak Di Sadari Orang

 

MANFAAT LAINNYA DARI WEBSITE DESA YANG TIDAK 

DISADARI ORANG



Website desa merupakan sarana bagi Pemerintah Desa dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa dan Informasi keterbukaan publik serta pelayanan public. Website desa memiliki banyak fungsi tidak hanya sebagai media informasi saja, tetapi juga dapat sebagai promosi potensi desa yang dapat diakses oleh masyarakat . Perkembangan teknologi digital menjadi tantangan bagi desa untuk menyesuaikan dan  meningkatkan sumber daya manusia agar dapat mengelola sistem digitalisasi guna  meningkatkan kinerja pemerintahan desa.

Website desa sudah menjadi suatu kebutuhan bagi suatu desa, untuk meningkatkan pelayanan, kemudahan dalam berurusan, transparansi pengelolaan anggaran baik yang bersumber dari Dana Desa maupun Dari Alokasi Dana Desa. Kemudahan masyarakat dalam mengakses media informasi desa melalui website desa dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa maupun dalam pelaksanaan pembangunan desa.

Peran masyarakat dalam berpartisifasi mengembangkan website desa sangat di perlukan terkait kritik dan saran yang membangun guna berbaikan dalam sistem pelayanan public. Keterlibatan masyarakat menunjukan kepedulian dan punya tanggung jawab untuk mengembangkan website desa sebagai sarana informasi , Pemasaran  potesi desa atau produk dari home industri sehingga dapat meningkatkan pendapatan baik bagi BumDesa maupun pelaku usaha kecil. Peningkatan pendapataan masyarakat juga berdampat terhadap kemajuan suatu desa.

Keterbukaan informasi melalui media digital terutama website desa mampu merubah mendset kita dalam menyikapi atas perubahan inrformasi desa , hal ini di buktikan dengan banyaknya desa yang mengikuti Bimtek terkait pengelolaan website desa. Keberadaan website desa mampu membuka  cakrawala dan menambah wawasan tentang dunia luar atau keadaan suatu desa yang tidak terjangkau dalam pemikiran kita tentang situasi dan kondisi desa tersebut.

Dalam sekejap saja sekarang ini kita bisa mengetahui perkembangan suatu desa dengan cara memngunjungi website desa nya. Dari hasil kunjungan melalui website desa yang lain dapat menjadi borometer bagi website desa kita  , sejauh mana perkembangan dan progres website kita terhadap website yang telah kita kunjungi. Sisi lain dari performa website desa bayak yang belum menyadari manfaat lainnya, selain sebagai layana informasi public maupun sebagai transparansi publik.

Adapun manfaat lainnya yang dapat kita sampaikan dalam artikel ini diantaranya adalah:

1.      1. Pertemanan

Tanpa kita sadari dari seringnya kita mengunjungi website desa lain dapat menjadikan seutu pertemanan  , yang sebelumnya tidak saling mengenal pada akhirnya saling mengenal khususnya bagi operator, admin ataupun antar pemerintahan desa. Dari hasil kunjungan tersebut akan tejalin suatu komunikasi dan saling tukar informasi tentang situasi dan kondisi masing masing desa.

2.      2. Berbagi informasi

Komunikasi yang intens dapat meningkatkan pengetahuan dan gagasan untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola website desa. Berbagi informasi sangat diperlukan dalam menanggulangi permasalah dalam pengelolaan website desa serta dapat mengatasi segala kendala yang mungkin di alami oleh pengelola website desa lainnya. Berbagi informsi juga dapat menutupi kelemahan salah satu website desa untuk tampil lebih elegan dan percaya diri dalam mengupload suatu berita desa maupun artikel desa, yang akan berimbas pada peningkatan statistik pengunjung.

3.      3. Meningkatkan Performa website desa

Dengan mengunjungi website desa lain akan memicu semangat dalam mengelola agar dapat meningkat seperti pada website yang telah di kunjungi. Perubagan dalam sudut pandang tersebut secara otomaitis akan berpengaruh terhadap performa website desa tersebut apakah performanya akan meningkat atau sebaliknya. Sebagai seorang pemula pada pengelolaan website desa tentunya harus rajin belajar baik pada media online atau pada sesama pengelola website desa.

4.     4.  Edukasi

Dari semua uraean tersebut diatas dapat kita jadikan sebagai bahan edukasi atau pembelajaran dalam pengelolaan website desa yang baik dan benar sesuai dengan tingkat kemampuan masing – masing operator website desa. Pembelajaran ini tentunya di mulai dari yang paling sederhana hingga pada taraf yang paling sulit. Sumber daya manusia antara desa satu dengan yang lainnya cenderung tidak sama oleh karena itu sebagi bahan edukasi juga menyesuaikan dengan kemampuan dan mempertimbangkan segala kendala terutama pada sistem website desa maupun pada tidak adanya jaringan internet desa.

5.      5. Sarana silaturahim

Keberadaan website desa juga dapat menjadi sarana silaturahim khususnya bagi pengelola yang pada saat ini berada jauh dari kampung halamannya. Dengan mengunjungi website desa di kampung halaman kita dapat melihat perkembangan dan perubahan desa tersebut dari hasil postingan website desa . manfaat lainnya dapat juga mempertumukan sanak keluarga melalui media website desa , face book serta akun media milik desa lainnnya untuk dapat melihat atau bekomunikasi .

Kesimpulan; Dari uraean tersebut di atas membuktikan bahwa sebenarnya website desa punya multi fungsi  dan dapat di manfaatkan sebagai media untuk meningkatkan pelayanan public, transparansi public serta manfaat lainnya selama tidak bertentangan dengan kaidah atau tujuan yang akan di capai dalam pengelolaan website desa .

Rabu, 27 Desember 2023

KPU KAPUAS GELAR BIMTEK PPS TIGA KECAMATAN SEKALIGUS

KPU KAPUAS GELAR BIMTEK PPS TIGA KECAMATAN SEKALIGUS

 


Sriwidadi.Simsa.Id, 27 Desember 2023; Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas pada hari ini menyelenggarakan tahapan Pemilihan Umum 2024, yaitu pelaksanaan Bimbingan Teknis Panitia Pemungutan Suara di desa Warga Mulya Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Dalam kegiatan tersebut di samping di hadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Kapuas, Tripika Kecamatan Mantangai, Panwaslu Kecamatan Mantangai , turut hadir Panitia Pemilihan  Kecamatan (PPK) Mantangai, PPK Kecamatan Dadahup dan PPK Kecamatan Kapuas Murung Serta  198 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Tiga Wilayah Kecamatan. Dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis Panitia Pemungutan Suara  di wilayah mantangai terbagi menjadi dua  zona wilayah mengingat faktor geografis dan jarak tempuh dan banyaknya jumlah desa menjadi dasar pembagian zona wilayah untuk memaksimalkan kegiatan Bimbingan Teknis Tersebut.

Bimbinga teknis pada hari rabu , 27 Desember 2023 di buka secara resmi oleh Bapak  Deden Firmansah Kadiv Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas. Dalam sambutanya Bapak Deden Firmansyah meninta kepada seluruh PPS agar mengikuti  kegiatan bimtek ini dengan seksama , hal ini juga menjadi perhatian dan pemahaman terhadap tugas dan fungsi Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar tetap konsisten terhadap tahapan Pemilu, dan Peraturan Komisi Pemilhan Umum Republik Indonesia  maupun Komisi Pemilihan Kabupaten Kapuas. Dalam kesempatan tersebut Komisioner KPU Kabupaten Kapuas menyampaikan materi tentang :

1.       1. Kebijakan pelaksanaan tahapan pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara

2.      2. Simulisi penghitungan suara dan pengenalan aplikasi informasi rekapitulasi ( SIREKAP )

3.       3. Kode etik penyelenggaraan pemilu

4.      4. Tata kelola logistic/ penguatan Kelembagaan Badan Ad Hoc

Pada kesempatan bimbingan teknis tersebut Bapak Yubderi, S.Pd.MA selaku camat mantangai dalam sambutannya  menyampaikan beberapa hal penting atas kesiapan Panitia Pemungutan Suara dalam pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 diantaranya:

1.      1. Menjaga suasana kondusif terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat

2.      2. PPS dapat bersinergi denganPPK, panwascam serta Pemerintah Kecamatam Mantangai

3.    3. Penyiapan Data yang akurat

Dalam penyampaian meteri Komisioner Komisi Pemilhan Umum Kabupaten Kapuas pentingnya Penekanan dalam pelaksanaan tugas ketika baik sebelum hari pemungutan suara maupun pada hari pemungutan sura dan setelahnya agar menjadi perhatian yang serius terhadap hal-hal yang dapat mengganggu jalanya pemungutan suara. Perencanaan dan persiapan yang matang akan berdampak pada pelaksanaan terutama terhadap kendala maupun situasi dalam pelaksanaan pemungutan suara nantinya dapat berjalan dengan baik.  Dalam kegiatan tersebut Panwascam Mantangai menyatakan ‘ agar PPS dapat menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 mendatang “ .

Kegiatan bimtek tersebut Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas memberikan kesempatan kepada anggota Panitia Pemungutan Suara untuk bertanya dalam sesi Tanya jawab. Hal ini tetunya di sambut dengan baik oleh anggota panitia Pemungutan Suara untuk menayakan beberapa hal, baik yang pernah terjadi pada Pemilu sebelumnya maupun hal lain terkait pemilih pindahan.

Semoga pelaksanaan Bimtek tersebut dapat menambah wawasan dan memahami atas tanggung jawab sebagai bagian dari penyelengara Pemilihan Umum tahun  2024 mendatang.

 

 

 

Senin, 25 Desember 2023

KAJI BANDING KE DESA KUTUH

 

KAJI BANDING KE DESA KUTUH

 






Sriwidadi.simsa.id, 25 Desember 2023; Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI ) Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan Kaji Banding ke Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Provinsi Bali Yang di ikuti oleh Kepala Desa , Tim Penggerak PKK, Pengurus BumDesa se Kabupaten Kapuas sebagai peserta Kaji Banding dengan Tema Dalam Rangka Pembelajaran, Pemberdayaan Desa anti Korupsi , Pengelolaan BumDesa dan Penerapan SiskeuDes berbasis CMS ( Cash Management Sistem ) pada tanggal 17-20 Desember 2023.

Desa Kutuh merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Provinsi Bali dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.246 KK dan jumlah penduduk 5.503  jiwa memiliki Nilai Indeks Desa Membangun 0,8786 pada tahun 2021 dengan status Desa Mandiri. Pemerintah Desa Kutuh dijadikan sebagai salah satu Lokus Replikasi  Desa Anti Korupsi se Kabupaten Badung. Penobatan ini dilaksanakan pada perayaan hari anti korupsi sedunia ( Hakordi ) tahun 2023 yang di selenggarakan di balai budaya giri nata mandala Puspem Badung ( 22/11,2023 ). Pencapaian prestasi tersebut sebagai percontohan Desa Anti Korupsi se Indonesia di bawah kepemimpinan Perbekel I Wayan Mudana, ST. Dengan Status Desa Mandiri Perbekel Kutuh beserta jajarannya berupaya untuk meningkatkan Pembangunan desa , sarana dan prasarana desa, pusat perekonomian dan pariwisata serta peningkatan dalam pelayanan administrasi desa kepada masyarakat melalui system informasi desa berbasis website.

Kemajuan Desa Kutuh tidak hanya dari segi fisik berupa pembangunan fasilitas desa akan tetapi dari segi pengelolaan system informasi desa berbasis website juga sudah sangat baik hal ini di buktikan dengan performa website desa   dan isi yang terkandung dalam website desa menunjukan sebuah bukti bahwa platform sistem informasi desa kutuh cukup berhasil dalam management pengelolaannya. Performa yang baik ini dapat kita lihat dari statistic pengunjung harian mencapai 598 visitor setiap hari, hal ini membuktikan bahwa Desa Kutuh memiliki sumber daya manusia yang handal serta kerja sama tim yang baik dalam tata kelola system informasi desa .

Dalam kurun waktu satu periodesasi Perbekel Kutuh mampu menghasilkan sebanyak 893 Produk Hukum, sebuah prestasi yang sangat baik dalam system pemerintahan desa. Regulasi yang dihasilkan sebagai payung Hukum dalam melaksanakan tugas sehari-hari baik bagi aparatur pemerintah desa , lembaga kemasyarakatan maupun dalam tata kelola Badan Usaha Milik Desa, ternyata PAD Desa Kutuh mempunyai nilai  pendapatan sebesar Rp 122,122.932,00 pertahunya. Hal ini membuktikan kemampuan dalam mengelola potensi desa sudah sangat baik.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Desa Kutuh bisa menjadi Lokus Repklikasi Desa Anti Korupsi sehingga cukup menarik bagi Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI ) Kabupaten Kapuas  untuk datang berkunjung ke Desa Kutuh Tresebut dalam rangka Kaji Banding , tentunya ada alasan yang kuat atas prestasinya dalam pencegahan, pengendalian dan penindakan yang telah dilksanakan oleh pemerintah desa kutuh, salah satunya dengan banyaknya regulasi desa yang dihasilkan sebagai pedoman bagi pemerintah desa tersebut. Sistem keterbukaan dalam penyelenggaraan desa, pelaksanaan pembangunan desa maupun pengelolaan keuangan desa yang transparan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan desa.

                                      

Dari kegiatan kaji banding ke Desa Kutuh di harapkan aparatur pemerintahan desa maupun lembaga desa memahami dan mampu mencegah  terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan desa baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa maupun Dana Desa. Kaji Banding di akhir tahun ini seyogyanya dapat menambah semangat untuk meningkatkan kinerja bagi seluruh stok holder di tingkat desa.

Menjelang pergantian tahun ini kita tekatkan semangat untuk menyambut tahun baru, semoga desa bisa lebih berkembang dan maju dalam segala bentuk yang bersifat positif, kritik dan saran yang membangun dengan segala solusi akan mampu menyelasaikan segala permasalahan dan kendala yang dihadapi masing-masing desa, dengan situasi dan kondisi yang berbeda , mari cegah dan tangkal korupsi di tingkat desa.

LINK ARTIKEL TERBARU