Visitor

Sabtu, 06 April 2024

Penyaluran BLT-DD Triwulan I Tahun 2024

 

Penyaluran BLT-DD Triwulan I Tahun 2024

                                                                                     

Sriwidadi, sabtu 06 April 2024. Pemerintah desa sriwidadi pada hari ini melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ( BLT-DD ) alokasi Triwulan I ( untuk bulan Januari sampai dengan Maret ) Tahun 2024. Penyaluran BLT – DD diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) sebanyak  33 KPM, berdasarkan hasil musyawarah khusus penetapan calon pemerima BLT-DD tahun 2024.

Adapun jumlah  Dana BLT yang akan diterima setiap bulannya sebesar Rp 300.000,00 selama satu tahun anggaran yang terbagi dalam empat triwulan. Pada triwulan I ini masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima BLT-DD sebesar Rp 900.000,00 untuk penerimaan bulan januari, pebruari dan maret tahun 2024.  

Calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) maupun yang tidak terdata ( exclusion error ) yaitu:

1.      Mengalami kehilangan mata pencaharian

2.      Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/ atau difabel

3.      Tidak mendapat bantuan sosial program keluarga harapan

4.      Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, atau penyandang disabilitas

5.      Perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin

Kebijakan ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan dana desa , yang didalamnya tertuang mengenai penyaluran BLT-DD dan di atur kembali pada Peraturan Menteri Keuangan ( PMK ) Nomor 146 Tahun 2023  Pasal 17 terkait kreteria calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun 2024 dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, merujuk pada Intruksi Presiden ( Inpres ) nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim.

Penyaluram Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut di laksanakan cara door to door, agar dapat diterima secara langsung oleh keluarga penerima manfaat dan tidak bisa diwakilkan . Dalam kegiatan ini juga selain di hadiri oleh pemerintah desa sriwidadi, BPD,  juga ikut hadir Pendamping Lokal Desa, guna memastikan bahwa keluarga Penerima Manfaat sesuai dengan Kreteria yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan tersebut diatas.

Ada hal yang sangat menerik dalam upaya pencairan Alokasi Dana Desa Maupun Dana Desa Tahap Pertama Tahun 2024, mengingat momen yang sangat krusial menjelang cuti bersama dalam rangka menyonsong  hari raya idul fitri 1446 H. Dalam waktu satu minggu setelah monitoring dan evaluasi serta Pelaksanaan Expo APBDES, Pemerintah Desa Sriwidadi berusaha untuk bisa menyelesaikan Usulan Pencairan baik ADD maupun DD Tahap Pertama Tahun 2024.

Upaya tersebut membuahkan hasil, sehingga Pemerintah Desa Sriwidadi, BPD, RT, beserta tim – tim yang di bentuk oleh Pemerintah Desa Sriwidadi, pada saat ini telah menerima siltap, tunjangan maupun intensif, mengingat masih banyak Desa –Desa yang lainnya belum dapat menyelesaikan usulan Pencairan baik yang Alokasi Dana Desa (ADD ) maupun Yang Dana Desa (DD). Hal ini sangat membantu bagi Perangkat  Desa maupun Anggota dari Lembaga Desa dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok terutama untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri 1446 H begitu juga dengan Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD.

Pencapaian ini tidak lepas dari peran dari kepala desa dan sekretaris desa yang di bantu oleh semua perangkat desa dalam pemberkasan usulan Pencairan  ADD dan DD , berkat kerja sama tim, serta  dapat bersinergi saling melengkapi satu sama lainnya sehingga bukan hanya siltap saja yang dapat di cairkan tetapi BLT-DD juga pada hari ini dapat disalurkan kepada keluarga penerima manfaat.

Pelaksanaan penyaluran BLT-DD dan pembagian siltap dan tunjangan maupun intensif yang  bertepatan dengan momen hari raya idul fitri 1446 H, membawa dampak positif bagi pencapaian kinerja Pemerintah Desa Sriwidadi yang mampu memberikan pelayanan secara maksimal . Pencapaian ini mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Desa Sriwidadi yang semakin baik serta didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang dapat bersinergi satu dengan yang lainnya.

Dalam penyaluran penghasilan tetap, tunjangan maupun intensif pada saat ini sudah menggunakan aplikasi CSM ( Cash Managemant System )yang dapat di transfer via rekening pada masing-masing perangkat desa maupun ke lembaga desa lainnya. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dalam penyaluran secara tunai atau manual. Aplikasi ini memudahkan  dalam sistem pemantauan atau control terhadap pelaksanaan realisasi anggaran. Info terkini Sistem Keuangan Desa ( Siskeudes ) yang telah online dalam pelaksanaan penginputan data APBDES, serta realisasi penyaluran dana nantinya akan di koneksikan dengan Sistem CMS Bank Kalteng, saatnya kita bertansformasi ke sistem digital .

Pelaksanaan Implementasi Transaksi Non Tunai di Pemerintah Desa mulai diterapkan pada awal tahun 2024 ini, hal ini menjadi perhatian bagi semua Desa untuk menyikapi terhadap transformasi dari Transaksi tunai ke Non Tunai melalui aplikasi CMS Bank Kalteng. Tidak menutup kemungkinan bilamana BLT-DD masih berlanjut pada tahun selanjutnya akan migrasi ke system CMS dalam penyalurannya.

 

 

0 comments:

Posting Komentar

LINK ARTIKEL TERBARU